3 Fitur Baru yang Bermanfaat di WhatsApp, Begini Cara Memakainya

  • Whatsapp
WhatsApp, fitur, storage management, disappering messages, search the web, advanced search, always mute, fitur baru whatsapp
3 Fitur Baru yang Bermanfaat di WhatsApp, Begini Cara Memakainya (image via kompasiana.com)

Impiangadget.com – WhatsApp, salah satu penyedia layanan pesan instan terpopuler di Indonesia dan dunia, belakangan ini rajin meluncurkan fitur-fitur baru untuk aplikasi chatting buatannya.

Ada banyak manfaat yang menarik yang dapat ditambahkan lewat rangkaian fitur tersebut, seperti misalnya pesan yang dapat menghilang sendiri dalam 7 hari dan manajemen storage untuk menghemat pemakaian memori ponsel.

Read More

Nah, ImpianGadget sudah mengumpulkan lima fitur baru yang bermanfaat dalam aktivitas obrolan pesan singkat setiap hari, berikut cara menggunakannya. Kelima fitur tersebut telah dapat untuk dipakai oleh para pengguna WhatsApp di Indonesia. Selengkapnya seperti ini.

Always Mute/Selalu Bungkam

WhatsApp, fitur, storage management, disappering messages, search the web, advanced search, always mute, fitur baru whatsapp
(image via httpstechprolonged.com)

Sering sangat terganggu oleh notifikasi pesan dari orang lain ataupun grup yang sangat ramai? Always Mute/Selalu Bungkam dapat membantu. Seperti namanya, fitur Always Mute mempunyai fungsi untuk membungkam (mute) notifikasi percakapan grup ataupun pribadi selamanya-lamanya.

Sebelum Always Mute diluncurkan, pengguna pesan instan WhatsApp hanya dapat mematikan notifikasi di dalam grup WhatsApp paling lama hanya satu tahun.

Opsi Always Mute/Selalu Bungkam itu sendiri dapat menggantikan durasi mute selama satu tahun. Sementara opsi dari mute lainnya masih sama, yaitu berdurasi delapan jam dan juga seminggu.

Ada lagi cara untuk mute notifikasi selamanya mudah saja. Pertama-tama, buka WhatsApp kamu dan tekan (hold) percakapan grup ataupun pribadi yang dapat ingin dimatikan notifikasinya sampai muncul tanda centang.

Lalu, tekan ikon yang dapat menyerupai speake di bagian kanan atas tampilan dan juga pilih opsi “Always”. Sesudah itu, klik tombol “OK”.

Advanced Search/Pencarian Lanjutan

WhatsApp, fitur, storage management, disappering messages, search the web, advanced search, always mute, fitur baru whatsapp
(Image via androidauthority.com)

Berbeda dari fitur pencarian biasa, Advanced Search bisadapat mencari pesan di WhatsApp secara spesifik berdasarkan dari jenisnya.

Fitur pencarian yang lebih canggih tersebut juga dimaksudkan untuk dapat mempermudah pengguna waktu ingin menelusuri file berupa foto, video, audio, dokumen, link, ataupun stiker GIF yang pernah dikirim melalui aplikasi perpesanan itu.

Untuk cara memakainya, pengguna cukup meng-klik ikon Search di dalam sebelah kanan atas tampilan utama WhatsApp yang dapat berbentuk seperti kaca pembesar.

Setelah hal tersbeut, WhatsApp akan dapat menampilkan kategori file apa yang akan dicari misalnya dari foto, video, audio, tautan, GIF, sampai dengan dokumen. Kemudian, pilih salah satu jenis file yang ingin kamu dicari dan WhatsApp akan menyortir pesan berdasarkan jenis yang ingin anda cari tersebut.

Pengguna lantas dapat dengan sangat mudah mengetikkan kata kunci yang juga berhubungan untuk mempermudah pencarian.

Storage Management/Manajemen Penyimpanan
WhatsApp, fitur, storage management, disappering messages, search the web, advanced search, always mute, fitur baru whatsapp
(Image via macrumors.com)

Aneka kiriman fileseperti foto dan juga video dapat membuat ukuran WhatsApp membengkak sampai menyita memori ponsel. Cara untuk membebaskan ruang ialah dengan menghapus file yang berukuran sangat besar.

Masalahnya, hal tersebut sangat sulit untuk dilakukan secara manual lewat file explorer di dalam ponsel. Nah, Storage Management dapat membuat proses “bersih-bersih” jadi sangat lebih mudah dengan cara menyortir file secara otomatis.

Pengguna dapat langsung melihat file mana saja yang berukuran paling besar dan langsung menghapusnya secara sekaligus kalau sudah tidak digunakan. Pemakaian memori ponsel pun menjadi sangat hemat.

Cara memakai nya itu sendiri terbilang sangat mudah. Pertama-tama, buka menu pengaturan (Settings) WhatsaApp dan juga klik menu “Storage and data” dan “Manage storage”.

Halaman selanjutnya menyajikan informasi pemakaian media penyimpanan, berikut sortiran file berdasarkan tiga kategori, yaitu “Forwarded many times”, “Larger than 5 MB”, dan juga “Chats”.

Sehabis memilih kategori, pengguna dapat melihat semua file media yang sudah tersimpan di WhatsApp beserta keterangan ukurannya secara berurutan, mulai dari yang sangat terbesar.

Di sini, pilih file media yang ingin dihapus dengan cara menekannya sampai muncul tanda centang dan juga klik ikon tong sampah yang muncul di pojok kanan atas. Lalu, klik tombol “Delete/Hapus”. Itulah Beberapa fitur baru Whatsapp yang sangat bermanfaat untuk para penggunanya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.