6 Penyebab Baterai Hp Cepat Habis

6 Penyebab Baterai Hp Cepat Habis

 

6 Penyebab Baterai Hp Cepat HabisPenyebab Baterai Hp Cepat Habis – Tidak bisa dipungkiri pada zaman sekarang ini, penggunaan smartphone sudah mendapat kapasitas baterai yang lebih besar. Di samping sistem operasi baru yang lebih hemat daya, daya tahan baterai yang kurang mendukung masih menjadi salah satu masalah banyak pengguna smartphone di Indonesia.

Umumnya banyak sekali pengguna handphone yang mengeluh baterai hp cepat habis saat digunakan sebentar saja atau bahkan berkurang sekalipun tidak digunakan.

Ada banyak sekali faktor masalah itu dan mengingat baterai adalah komponen yang penting untuk menghidupkan HP yang kamu gunakan.

Tanpa banyak kata lagi sekarang impiangadget akan mengulas secara lengkap penyebab baterai hp cepat habis dan solusi yang bisa kamu gunakan agar baterai hp tidak cepat habis di bawah ini :

Baca Juga : 6 Aplikasi Penghasil Uang Langsung Kaya

1. Mengatur Kecerahan Handphone

6 Penyebab Baterai Hp Cepat HabisPenyebab baterai hp cepat habis adalah karena kecerahan atau kontras layar yang merupakan salah satu aspek penting dalam hp. Lewat cahaya layar hp, kamu bisa melihat informasi handphone tersebut. Layar HP menjadi salah satu komponen yang paling menguras baterai.

Terlebih lagi jika hp kamu memiliki fitur seperti refresh rate tinggi, dengan fitur refresh rate tinggi akan menguras baterai semakin boros dibandingkan dengan handphone tanpa refresh rate tinggi.

Tentunya masalah ini bisa kamu atasi dengan hanya dengan mengatur tingkat kecerahan. Atau bisa juga dengan mengaktifkan fitur adaptive brightness, fitur ini berfungsi untuk mengatur kecerahan layar yang disesuaikan secara otomatis.

Kamu juga bisa mengatur refresh rate ke pengaturan paling rendah yaitu 60Hz, hindari menggunakan live wallpaper. Gunakanlah wallpaper dengan warna dominan hitam jika layar HP kamu berjenis AMOLED.

2. Hapus Aplikasi Tidak Terpakai

6 Penyebab Baterai Hp Cepat HabisZaman sekarang ini banyak sekali developer yang membuat aplikasi, dan semakin banyak pula daya yang dibutuhkan. Dan bila kamu memiliki banyak aplikasi maka baterai akan menjadi cepat habis juga. Beberapa aplikasi bahkan berjalan atau aktif di layar belakang, dan akan menguras baterai, sekalipun tidak digunakan.

Aplikasi yang berjalan di belakang layar umumnya menggunakan koneksi, meminta lokasi, mengirim notifikasi dan banyak lagi tergantung dari ketentuan aplikasi tersebut.

Salah satu cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan tidak mendownload banyak aplikasi dalam hp kamu. Mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang tentunya akan menghemat banyak sekali baterai handphone kamu.

3. Matikan GPS dan Bluetooth

6 Penyebab Baterai Hp Cepat HabisPenyebab baterai hp cepat habis yang pertama adalah menyalakan GPS dan Bluetooth secara terus menerus. Umumnya dua hal ini banyak orang aktifkan, namun tidak sering atau jarang digunakan, kebiasaan ini akan membuat baterai kamu cepat habis.

Jika berbicara tentang penyebab baterai hp cepat habis, maka GPS dan Bluetooth adalah fitur yang cukup menguras daya HP dan biasanya menghabiskan 20-30 % baterai kamu dalam sehari. Karena itu, kami sarankan untuk mematikan GPS dan Bluetooth jika keduanya tidak sedang digunakan.

Dalam beberapa kesempatan, GPS dan Bluetooth yang aktif terkadang juga mempengaruhi performa HP secara keseluruhan. Sekali lagi, bukan menghindari menggunakannya, namun hindari untuk mengaktifkannya terus apabila tidak digunakan.

4. Update Sistem Operasi

6 Penyebab Baterai Hp Cepat HabisBiasanya, semakin baru versi sistem operasi semakin bagus pula fitur yang diberikan para developer perusahaan tersebut. Sejauh ini, versi Android yang semakin baru menjanjikan kinerja yang lebih optimal sekaligus hemat daya baterai.

Oleh karena itu, jika HP kamu telah mendapat notifikasi untuk pembaruan OS, jangan ragu untuk langsung melakukan update device kamu, setelah melakukan update hp kamu berkemungkinan akan lebih hemat.

Apabila tidak ada notifikasi namun kamu ingin mengecek apakah mendapat update atau tidak, kamu bisa secara mandiri langsung pergi ke Settings > System > Advanced lalu cek About phone atau System update. Jangan lupa untuk gunakan jaringan WIFI jika ingin melakukan update, karena update sistem operasi cenderung sangat besar..

5. Aktifkan Low Mode Atau Penghemat Daya

6 Penyebab Baterai Hp Cepat HabisPenyebab baterai hp cepat habis selanjut nya adalah tidak menggunakan fitur penghemat daya atau Power Saving. Umumnya fitur penghemat daya atau Low mode adalah fitur yang harus dicoba, yang dapat memberi daya tahan baterai HP menjadi lebih lama lagi.

Umumnya, fitur ini mematikan fitur yang sedang berjalan di belakang sistem hp kam. Namun di satu sisi fitur ini memastikan HP kamu masih bisa mendapatkan notifikasi pesan atau menerima atau melakukan panggilan.

Kamu bisa mengaktifkan fitur ini secara langsung di android dengan pergi ke Settings > Battery, lalu Battery Saver. Di pengaturan yang sama, kamu juga bisa mengaktifkan Adaptive Battery yang secara garis besar tidak jauh berbeda.

6. Hindari Tempat Susah Mendapat Sinyal

6 Penyebab Baterai Hp Cepat HabisMungkin ini adalah penyebab baterai hp cepat habis yang jarang orang tahu, sinyal yang jelek atau buruk bisa mempengaruhi daya baterai yang secara konsisten menurunkan baterai di handphone kamu. Sistem kerja handphone dengan tower secara terus-menerus “berkomunikasi” dengan tower terdekat, untuk menjaga koneksi agar tetap aman dan stabil.

Lalu apabila komunikasi itu terhalang karena tempat kamu terpencil atau terblokir banguna. Maka HP akan berusaha untuk mendapat koneksi. Akibatnya, baterai akan terkuras lebih cepat dari biasanya. Selain menghindari wilayah yang susah sinyal, kamu juga menyalakan mode pesawat agar HP kamu tidak berusaha meraih sinyal.

Itulah 6 masalah dan solusi penyebab baterai hp cepat habis, semoga artikel ini dapat membantu kamu menemukan solusi bagaimana cara menghemat baterai.

Sumber : IDNTIMES

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *