5 Cara Cek Imei iPhone Sangat Mudah

5 Cara Cek Imei iPhone Sangat Mudah

5 Cara Cek Imei iPhone Sangat MudahCek Imei Iphone – Apakah anda pernah mendengar istilah IMEI sebelumnya? Imei adalah rangkaian nomor yang umumnya tercantum pada box handphone, tidak terkecuali pada iPhone dan perangkat Apple lainnya.

Tetapi anda kemungkinan menganggapnya sekedar nomor biasa, karena disitu tidak diterangkan apa fungsinya.

IMEI adalah kependekan dari International Mobile Equipment Identity, nomor unik untuk identifikasi. Dalam kata lain ini adalah kode produksi yang membandingkan perangkat satu dan yang lain.

Apa anda masih tidak tahu apa itu IMEI dan fungsinya pada iPhone? Berikut ini impiangadget.com rangkum pembahasan mengenai IMEI dan bagaimana cara cek IMEI iPhone yang mudah untuk mengetahui orisinalitas dari iPhone yang telah anda beli.

Dibawah ini akan langsung kita bahas 6 keterangan tentang cek imei iphone dengan resmi dan benar.

Baca Juga : 6 Cara Mendapatkan Uang Di Internet Langsung Kaya

Apa Fungsi Dari IMEI

5 Cara Cek Imei iPhone Sangat MudahIMEI umumnya terbagi dalam 14 sampai 16 digit nomor unik, biasanya nomor ini dibutuhkan saat kita ingin memperbaiki perangkat atau smartphone yang rusak. Tidak itu saja, IMEI bermanfaat saat iPhone hilang atau dicuri.

Anda dapat menyampaikannya ke iPhone center agar iPhone itu dikunci dan tidak bisa dipakai oleh yang menemukan atau mencurinya. Bila anda belum mengetahui nomor IMEI-mu, coba langkah di bawah ini!

1. Cek IMEI iPhone Di Belakang Boks Handphone

5 Cara Cek Imei iPhone Sangat MudahJika anda masih ingat dimana menaruh boks iPhone anda, cobalah ambil dan cek sisi belakangnya. Di situ ada banyak jenis nomor. Ada nomor SN, SKU, dan IMEI, setelah mengetahui tipe-tipe nomor anda bisa langsung cek IMEI iphone tersebut dan mencatatnya.

Lantas bagaimanakah bila ada dua nomor IMEI yang lain? Beberapa perangkat memang mempunyai IMEI1 dan IMEI2, Ini mengisyaratkan jika perangkatmu punya dua slot SIM card. Biasanya ini ada terjadi pada smartphone Android.

2. Cek Lewat Mekanisme Di Pengaturan

5 Cara Cek Imei iPhone Sangat MudahCek Imei Iphone selanjutnya adalah dengan melakukan cek IMEI iphone anda di setting, bila anda tidak mau ribet mencari boks yang tidak tahu di mana keberadaannya. Anda bisa langsung bisa check di pengaturan iPhone.

langkahnya masuk ke Settings > General > About. Di situ ada spesifikasi handphone secara lengkap, terhitung nomor IMEI.

3. Cek Pada Bagian Belakang iPhone

5 Cara Cek Imei iPhone Sangat MudahBila anda mempunyai iPhone type 5/5c/5s/6/6+, anda bisa juga memeriksa IMEI pada bagian belakang. Cara cek IMEI nya dengan melihat ukiran pada bagian bawah dekat dengan tulisan iPhone. Mudah bukan ? sekarang kita tahu IMEI secara otomatis tercatat di fisik perangkat.

4. Cek Di Slot SIM Dard

5 Cara Cek Imei iPhone Sangat MudahBukan hanya tercatat pada bagian belakang iPhone, anda bisa juga mendapatkannya pada bagian dalam slot untuk SIM Card. Cara ini merupakan cara cek imei iphone yang bisa dibilang menyusahkan, tetapi anda bisa menggunakan cara ini jika terpaksa.

Pertama anda harus mengeluarkannya terlebih dahulu, pada bagian atas, anda akan melihat nomor IMEI/MEID. Tetapi cara ini tidak selalu ada, tergantung dengan provider yang anda gunakan.

5. Cek Lewat Kode Dial

5 Cara Cek Imei iPhone Sangat MudahCara cek IMEI iphone ini dapat dilakukan pada semua jenis smartphone, tidak terkecuali handphone iPhone. Triknya benar-benar simpel, cukup masuk pada menu telephone, tulis code *#06#. Secara otomatis, perangkat akan menampilkan nomor IMEI-mu.

Tulis IMEI iPhone Di Tempat Yang Aman

5 Cara Cek Imei iPhone Sangat MudahDemikian pembahasan mengenai IMEI dan cara cek IMEI iPhone yang mudah dan efektif. Kerap kali dibingungkan, IMEI ini berlainan ya dengan nomor SIM. IMEI tidak akan berubah meskipun anda menukar nomor teleponmu.

Mengingat bahwa nomor unik itu penting untuk analisis perangkat, anda seharusnya menulis IMEI di lokasi yang aman. Tidak boleh dicatat di dalam iPhone atau aplikasi notes karena tidak akan ada pengaruhnya bila piranti itu dicuri.

Periksa Nomor Model iPhone

5 Cara Cek Imei iPhone Sangat MudahKadang, pedagang nakal akan mencoba menjual iPhone yang rekondisi dan menjualnya pada harga lebih murah dengan mengatakan itu adalah perangkat baru. Tetapi, anda bisa secara mudah mengetahui apa iPhone itu rekondisi, refurbished, atau bahkan juga palsu.

Langkahnya menu “Settings” > “General” > “About”, nomor model iPhone akan seperti terlihat “MQ3D2HN/A”. Huruf pertama nomor model memperlihatkan karakter perangkat:

M – Merupakan Kode kalau itu adalah iPhone baru.
F – Refurbished
R – Smartphone pengganti
P – Perangkat yang dipersonalisasi

Bila nomor model iPhone tidak diawali dengan beberapa huruf di atas, kemungkinan itu adalah iPhone palsu. Saat beli iPhone baru dari penjual yang tidak sah atau pasar gelap, lakukan pengujian dan pastikan jika nomor model diawali dengan M saat sebelum melakukan pembelian.

Sumber : IDNTIMES

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *