Cara Cek Resi 10 Expedisi Terbaik Indonesia

Cara cek resi ekspedisi Indonesia scaled

Cara Cek Resi – Bukan lagi rahasia bahwa saat ini kita memasuki era dimana Anda bisa melakukan transaksi jual beli dengan mekanisme online. Tentu untuk bisa memasarkan sebuah produk, dibutuhkan media yang benar-benar merupakan target pasaran dari produk yang akan di jual.

Untuk mendapatkan target pasaran, maka diperlukan kelihaian dalam memanfaatkan media sosial. Lalu bagaimanakah transaksi jual beli tersebut dapat berlangsung?

Dalam melakukan transaksi jual beli harus terdapat beberapa poin penting. Diantaranya ada penjual, pembeli, produk, serta media jualannya. Media jualan tidak hanya berbicara tentang media sosial sebagai tempat memasarkan produk, didalamnya juga termasuk mekanisme pembayarang dan mekanisme pengiriman barang hingga sampai kepada pembeli.

Dalam hal ini, penjual juga harus memastikan bahwa pembeli bisa mengetahui cara cek resi.

Meningkatkan aktivitas jual beli bisa dilihat dari ramainya beberapa marketplace lokal. Indonesia sendiri setidaknya memiliki lebih dari 2 tempat belanja online yang bisa dikunjungi. Tentu hal ini tidak termasuk para pedagang yang memanfaatkan akun media sosialnya untuk menjajakan jualannya.

Melihat peningkatan dalam dunia perdagangan, maka beberapa orang berinisiatif membuat jasa pengiriman barang.

Jasa pengiriman barang ini menjadi jembatan penting untuk menyampaikan hasil belanjaan kepada konsumen. Penjual dan pembeli bisa berasal dari mana saja dan bahkan berbeda kota. Dengan adanya jasa pengiriman barang, maka jarak yang jauh bisa bukan menjadi penghalang untuk berbelanja.

Cara Cek Resi 10 Expedisi Terbaik Indonesia

Mengenai pengiriman barang, beberapa expedisi berikut ini memiliki fitur kontrol. Fitur kontrol tersebut adalah cara cek resi yang bisa Anda pelajari dengan mudah.

Dengan adanya fitur pengecekan resi, maka baik pembeli dan penjual bisa sama-sama memantau posisi barang yang sudah dikirim.

Adapun estimasinya tergantung pada jarak antara penjual dan pembeli. Berikut ini merupakan rekomendasi expedisi terbaik beserta cara-cara untuk mengetahui posisi barang.

1. Cara Cek Resi GrabCara Cek Resi 10 Expedisi Terbaik Indonesia

Grab merupakan sebuah aplikasi asal Singapura yang pada awal kemunculannya di Indonesia fokus dalam bidang transportasi. Dalam hal ini, grab merupakan sebuah layanan jasa yang menyediakan transportasi berupa ojek atau mobil.

Lambat laun, perkembangan grab merambah pada beberapa sektor yang dianggap akan memudahkan pengguna aplikasi.

Adapun fitur dari grab sendiri meliputi grabbike yaitu ojek, grabcar yaitu jasa jemout menggunakan mobil, dan grabfood yaitu layanan yang membantu Anda ketika hendak memesan makanan tanpa harus keluar rumah.

Tidak hanya sampai disitu saja, grab juga menyediakan beberapa fitur lainnya seperti pengisian pulsa listrik, pulsa telepon, pembelian paket internet, pembayaran PPOB dan menu pembayaran serta pembelian lainnya.

Mengingat banyaknya pengguna jasa expedisi terutama di satu kota atau wilayah tertentu, maka grab juga berusaha untuk memberikan layanan expedisi. Layanan tersebut kemudian dinamai Grab Express.

Dimana Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk mengirim barang apapun termasuk jualan. Layanan ini menyediakan 2 jenis transportasi yaitu grabbike dan grabcar, sehingga Anda bisa dengan leluasa menyesuaikan dengan ukuran atau jumlah barang yang hendak dikirim.

Anda juga perlu tahu bahwa layanan grab express sendiri terdiri dari dua jenis layanan. Ada jenis layanan same day da nada juga jenis layanan instan. Cara menggunakannya bisa dikatakan sama, namun terdapat sedikit perbedaan dari cara cek resi.

Berikut cara yang bisa Anda gunakan untuk mengecek resi jasa grab expedisi.

Untuk mengecek posisi barang dengan menggunakan layanan grab express same day dan instan maka Anda bisa menuju ke informasi mitra pengantaran pada aplikasi.

Setelah itu pilih menu share my rides dan selanjutnya Anda bisa berbagi atau menggunakan link atau resi untuk melakukan pelacakan barang ke pembeli atau penerima.

Sementara hal berbeda jika Anda menggunakan jasa grab express di e-commerce.

Ketika Anda selesai melakukan pembelanjaan, maka secara otomatis akan diarahkan pada menu metode pengiriman barang. Anda yang menggunakan grab express akan diarahkan untuk klik Lacak Pengiriman. Selanjutnya, Anda hanya perlu memantau hingga barang tersebut sampai pada penerimanya.

2. Cek Resi Lion Parcel RegCara Cek Resi 10 Expedisi Terbaik Indonesia

Rekomendasi expedisi yang kedua adalah Lion Parcel. Lion Parcel sendiri merupakan salah satu bagian dari grup lion.

Dimana expedisi ini akan membantu Anda untuk melakukan pengiriman antar daerah yang jangkauannya cukup jauh. Barang Anda tentu akan dikirimkan dengan moda transportasi pesawat dan kemudian akan diteruskan oleh kurir yang bertugas. Dengan demikian Anda bisa tetap berada di rumah dan menerima barang sesuai dengan pesanan.

Namun, tentu saja jenis expedisi ini memiliki cara cek resi yang berbeda.

Untuk bisa melakukan pelacakan posisi barang, terlebih dahulu Anda harus masuk pada situs resmi dari lion parcel. Pada halaman utama terdapat beberapa menu seperti cek tarif atau cek resi.

Jika Anda skrol ke bawah, maka akan nampak tampilan untuk pengcekan resi atau lokasi. Yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan nomor pengiriman yang sudah diberikan saat melakukan pengiriman.

Kemudian klik Lacak dan tunggu beberapa saat. Posisi barang langsung terbaca pada layar monitor Anda.

3. Cek Resi BukalapakCara Cek Resi 10 Expedisi Terbaik Indonesia

Bukalapak merupakan salah satu e-commers atau marketplace yang menyediakan berbagai macam kebutuhan.

Hampir semua kebutuhan bisa Anda dapatkan jika berbelanja dengan menggunakan platform ini. Didalamnya juga terdapat banyak sekali penjual dari daerah yang berbeda-beda.

Anda bisa berbelanja apa saja muali dari kebutuhan harian, pakaian, perkakas dapur dan masih banyak lagi.

Sudah pasti transaksi yang dilakukan disini adalah transaksi virtual. Jika Anda sudah menentukan produk apa yang akan dibeli, maka selanjutnya akan diarahkan pada halaman pembayaran dan juga menentukan metode pengiriman.

Selanjutnya Anda wajib mengetahui cara cek resi agar bisa dengan mudah memantau status pengiriman barang yang sudah dibeli.

Adapun cara cek resi bukalapak adalah pastikan Anda sudah masuk akun bukalapak.

Selanjutnya, Anda wajib klik menu transaksi dan menu lihat semua penjualan.

Setelah halamannya muncul, maka klik tab penjualan kemudian pilih status Dikirim. Tamilan pada layar monitor Anda akan berubah kemudian klik Lihat Detail kemudian klik lagi Lihat History Pengiriman.

Cara di atas merupakan cara mengecek resi Bukalapak jika menggunakan deskop.

Namun, jika Anda ingin melakukan pengecekan via mobile juga bisa.

Pertama, Anda tentu harus masuk pada akun buka lapak yang digunakan untuk berbelanja.

Yang kedua, klik icon transaksi kemudian klik transaksi yang ingin Anda lihat historinya.

Setelah itu, akan muncul halaman detail transaksi. Anda bisa lanjut tahap yang ketiga yaitu klik histori pengiriman. Dengan demikian posisi barang akan langsung ditampilkan.

4. Cek Resi Lion Parcel

Saat ini, Lion Parcel dipercaya sebagai expedisi pengiriman paling cepat dan murah untuk mengirim barang antar daerah.

Selain itu, penerima dan pengirim barang lebih nyaman karena barang yang dikirim bisa dengan mudah dilacak. Setelah pengirim memberikan barang dengan dilengkapi alamat penerima yang lengkap, petugas yang menerima akan memberikan bukti berupa resi pengiriman.

Cara cek resi untuk expedisi menggunakan lion parcel juga terbilang paling mudah.

Hal pertama yang wajib Anda lakukan untuk mengetahui posisi barang adalah masuk pada situs resmi lion parcel.

Pada halaman utamanya, akan muncul menu Lacak. Anda bisa klik menu tersebut. Kemudian, Anda diwajibkan memasukkan nomor resi yang sudah diberikan sebelumnya. Nomor resi yang Anda terima harus benar. Jika benar, maka histori pengiriman barang akan keluar.

5. Cek Resi SociollaCara Cek Resi

Sociolla merupakan wadah belanja online yang cukup popular. Di Sociolla Anda bisa berbelanja kebutuhan skincare dan juga bodycare. Tentu platform belanja yang satu ini merupakan tempat terbaik bagi kaum hawa.

Sama halnya dengan beberapa e-commers, Anda harus masuk menggunakan akun pribadi untuk bisa berbelanja serta menyelesaikan pembayaran.

Karena merupakan tempat belanja online, tentu saja barang yang Anda beli akan dikirim dengan expedisi yang sudah menjadi mitra dari sociolla.

Untuk mengetahui status pengiriman dari barang yang sudah Anda beli, sebaiknya Anda juga harus memahami cara cek resi.

Pada media belanja yang satu ini cukup berbeda. Transaksi pembelian Anda akan dikirimkan melalui email. Pada email yang dikirimkan akan berisi nomor resi.

Untuk mengecek resi tersebut, Anda harus mengunjungi mitra expedisi dari sociolla yaitu RPL. Setiap resi selalu terdapat kode SCL di depan angka.

Pastikan Anda memasukkannya dengan benar sehingga barang mudah dipantau keberadaannya.

6. Cek Resi Id ExpressCara Cek Resi 10 Expedisi Terbaik Indonesia

Id express merupakan jasa pengiriman terbesar yang ada di Asia Tenggara. Banyak sekali penjual online, mulai dari skala kecil hingga besar yang menggunakan jasa ini.

Terbukti banyak yang menggunakan jasa ini karena memiliki misi berupa pelayanan cepat, tepat dan aman. Selanjutnya, Anda juga bisa mengirim apa saja tanpa batas.

Dengan visi misinya, Id Express menjadi salah satu jasa pengiriman yang sangat dipercaya.

Jasa pengiriman ini akan membantu Anda untuk mengirimkan barang atau dokumen.

Selain itu, Anda juga akan diberikan kemudahan untuk melacak status pengiriman barang atau dokumen. Cara untuk cek resi id express juga terbilang paling mudah.

Anda hanya perlu masuk pada situs id express yang resmi. Setelah itu, pada halaman utama terdapat kolom yang harus diiisi dengan nomor atau kode resi.

Selanjutnya Anda bisa klik Cek Resi. Dengan demikian, histori pengiriman barang Anda akan langsung terbaca.

7. Cek Resi Sicepat ExpressCara Cek Resi 10 Expedisi Terbaik Indonesia

Sama halnya Id Express, Sicepat Express juga merupakan layanan jasa pengiriman barang. Sesuai dengan namanya, jasa pengiriman ini mengedepankan barang bisa sampai pada penerima dengan cepat dan tepat.

Belanja online dimanapun, Anda bisa menggunakan jasa ini sebagai jasa pengiriman paling aman.

Estimasi barang memang ditentukan juga oleh jarak antara tempat pengiriman dan juga penerima.

Namun, sebisa mungkin akan dilakukan secara cepat, sehingga Anda juga bisa menerima barang dengan cepat.

Pengiriman barang menggunakan jasa ini berlaku untuk dalam kota dan luar kota. Untuk memastikan barang benar-benar sudah terkirim, maka Anda bisa lakukan pengecekan resi.

Adapun cara cek resi untuk sicepat express juga terbilang mudah. Anda wajib masuk ke web sicepat express kemudian masukan nomor resi. Dengan demikian, keberadaan barang bisa dipantau.

8. Cek Resi Ekspedisi Pribadi AkulakuCara Cek Resi 10 Expedisi Terbaik Indonesia

Akulaku merupakan sebuah platform yang bekerjasama dengan banyak e-commers. Salah satunya adalah e-commers Jd.id.

Beberapa kebutuhan juga dijual di aplikasi akulaku. Anda yang mencari barang elektronik bisa berbelanja di sini. Tentu saja untuk pengiriman barangnya menggunakan ekspedisi yang bekerjasama dengan aplikasi akulaku.

Meski tidak sepopuler yang lainnya, namun bukan berarti Anda tidak bisa memantau posisi pengiriman barang. Barang yang sudah dibeli bisa Anda cek keberadaannya dengan masuk kea kun akulaku.

Selanjutnya, ambil dan catat atau simpan nomor resi yang ada pada histori pembelanjaan di akulaku. Setelah itu, Anda bisa masuk ke situs kurir yang digunakan oleh akulaku. Biasanya, akulaku merekomendasinya J-express sebagai jasa pengirimannya.

9. Cara Cek Resi PosCara Cek Resi 10 Expedisi Terbaik Indonesia

POS merupakan layanan pengiriman yang tertua. Selain itu, pos juga merupakan layanan pengiriman yang mampu menjangkau daerah atau kota-kota kecil di Indonesia.

Bahkan, Anda bisa melakukan pengiriman ke beberapa Negara tetangga dengan menggunakan jasa pos. Tentu saja selain murah, aman, pos juga memberikan kemudahan dengan memberikan cara cek resi.

Untuk mengetahui barang yang dibelanjakan sudah dikirim atau belum, maka Anda wajib memantaunya. Ketika hendak mengirim barang, si pengirim akan diberikan bukti transaksi pengiriman yang memuat nomor resi.

Mintalah nomor resi tersebut kemudian masuk pada situs resmi pos Indionesia. Selanjutnya, masukkan nomor resi tersebut pada kolom Tracking.

Tidak perlu waktu yang lama, maka posisi barang yang dikirimkan akan ketahuan.

10. Cara Cek Resi TokopediaCara Cek Resi 10 Expedisi Terbaik Indonesia

Tokopedia bukan termasuk layanan pengiriman barang. Platform yang satu ini merupakan salah satu e-commers terbesar di Indonesia.

Ada berbagai perlengkapan yang bisa Anda dapatkan di Tokopedia. Mulai dari kebutuhan anak, kebutuhan dapur, elektronik, pakaian, dan atau beragam perabotan lainnya. Mekanisme berbelanja di Tokopedia hampir serupa dengan mekanisme berbelanja di beberapa tempat belanja online lainnya.

Setelah Anda memilih barang, Anda harus menyelesaikannya dengan melakukan pembayaran dan memilih jenis ekspedisi. Ketika semuanya sudah selesai, dari pihak Tokopedia atau penjual akan menginformasikan nomor resi.

Selanjutnya cara cek resi di Tokopedia tergantung pada jasa ekspedisi apa yang Anda gunakan. Nomor resi tersebut Anda masukkan pada situs  resmi ekspedisi yang sudah dipilih sebelumnya untuk melacak keberadaan belanjaan Anda.

Sangat penting bagi pembeli atau penerima barang untuk mendapatkan nomor resi. Tanpa nomor resi, maka Anda akan mendapatkan kesulitan untuk memantau posisi barang.

Jika terjadi keterlambatan, Anda juga punya acuan untuk melakukan pengaduan. Sehingga, barang bisa tetap dalam kondisi baik ketika tiba.

Namun, hal ini akan berbeda jika Anda mendapatkan penjual atau jasa pengiriman yang tidak amanah. Maka dari itu, sebelum memutuskan mengirim barang, Ada baiknya memastikan jenis jasa pengiriman yang digunakan.

Pastikan jasa pengiriman tersebut bisa mempertanggungjawabkan pengiriman barang dengan baik.

Dimanapun Anda hendak berbelanja online, pastikan Anda memilih jasa pengiriman yang tidak hanya mengedepankan kecepatan sampai, tapi juga memastikan barang bisa tiba dengan tidak kurang atau rusak.

Untuk itu, cara cek resi di atas bisa menjadi pertimbangan dalam memilih jasa ekspedisi yang terpercaya dan juga amanah. Sehingga kapanpun mau berbelanja online, Anda tidak perlu cemas barang terlambat atau tidak sampai.

Selain itu, Anda juga wajib memastikan jasa tersebut benar-benar memiliki situs resmi sebagai wadah untuk melakukan aduan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *