3 Cara Mematikan Komputer dengan Keyboard Secara Cepat

Cara Mematikan Komputer dengan Keyboard

Cara Mematikan Komputer dengan Keyboard – Sebagian orang pasti sudah tau mengenai cara mematikan perangkat baik komputer dan laptop dengan cepat. Namun pernahkah, anda mencoba cara lain yang lebih mudah. Misalnya mematikan komputer atau laptop dengan keyboard. Memang ada ya? jelas ada.

Untuk itu kami akan memberikan solusi bagi anda sebagai pemula, cara cepat mematikan komputer dengan keyboard 100% berhasil. Namun sebelumnya ketahui dahulu pengertian menu saat anda klik tombol windows seperti sleep, hibernate dan shutdown.

Pengertian Menu Pada Windows

1. Sleep

Arti kata sleep dalam bahasa inggris ialah tidur. Jadi sleep pada komputer atau laptop itu bertugas untuk mematikan layar, CPU, dan hampir seluruh mesin pada perangkat tersebut.

Namun data yang tersimpan dalam RAM, masih ada. Jadi dapat di simpulkan sleep tidak mematikan komputer.

Tapi hanya beberapa komponen pada perangkat masih nyala. Sehingga lebih menghemat baterai apabila di laptop, sedangkan di komputer lebih hemat daya.

Menariknya menu sleep ini saat di nyalakan atau di hidupkan kembali, maka seluruh aplikasi yang tadinya belum di tutup akan tetap terbuka. Terlebih membuat booting lebih cepat.

2. Hibernate

Arti kata hibernate dalam bahasa inggirs ialah tidur panjang. Jadi perbedaan hibernate dengan sleep, terdapat pada data di RAM. Dimana mode komputer atau laptop hibernate kondisi data RAM akan di pindahkan ke hard disk.

Sehingga saat melakukan booting cukup lama ketika anda mulai menyalakan perangkat. Meski demikian tetap lebih cepat booting melalui hibernate ketimbang shut down pada umumnya.

Selain itu mengenai aplikasi yang sedang di buka saat mode hibernate di nyalakan tetap akan tersimpan. Dan ketika di nyalakan perangkat itu akan tetap seperti biasanya.

Jadi cocok di gunakan bagi yang ingin mengistirahatkan laptop durasi lebih lama, ketimbang mode sleep.

3. Shutdown

Adapun pilihan tombol saat anda klik windows selain sleep dan hibernate adalah shutdown. Shutdown sendiri merupakan cara mematikan operasi pada perangkat laptop atau komputer secara keseluruhan. Jadi perangkat itu akan mati total, termasuk juga RAM dan hard disk.

Selain itu apabila anda sedang buka aplikasi, dan tekan tombol shutdown pada menu windows. Secara otomatis semua akan tertutup. Sedangkan proses booting akan memakan waktu cukup lama, di bandingkan mode hibernasi.

Jadi pilihan mematikan komputer atau laptop dengan shutdown. Itu menandakan anda ingin mengistirahatkan perangkat secara total.

4. Restart

Arti restart sendiri ialah memulai ulang. Jadi perangkat laptop atau komputer akan di matikan sejenak kemudian di nyalakn kembali.

Cara Mudah Mematikan Komputer dengan KeyboardCara Mematikan Komputer dengan Keyboard

1. Mematikan Komputer Pakai Keyboard Shortcut

Cara mematikan komputer dengan keyboard yang pertama ialah dengan shortcut. Caranya cukup anda tekan tombol Alt+F4 secara bersamaan, kemudian di akhiri dengan tekan Enter saat anda memilih menu baik shutdown, restart, sleep, maupun hibernate. Namun pastikan anda menekan saat berada pada layar desktop.

2. Mematikan Komputer Pakai Command Prompt (CMD)

Cara kedua dalam mematikan komputer dengan keyboard ialah menggunakan CMD (Command Prompt). Caranya cukup tekan tombol windows+R secara bersamaan. Ketika muncul menu RUN, silahkan ketik CMD lalu enter.

Saat berada pada menu CMD, jika anda ingin melakukan shutdown. Silahkan ketik perintah shutdown.exe-s dan di akhiri menekan tombol enter. Maka secara otomatis perangkat komputer atau laptop akan mati total.

3. Pilih Menu ShutDown dari Lock Screen Windows

Untuk nomor tiga, pasti kerap anda temui saat perangkat dalam mode lock screen windows. Cara memunculkan mode tersebut cukup mudah yaitu dengan tekan tombol windows+L secara bersamaan pada keyboard.

Di sini anda akan melihat tombol shut down tepat di pojok kanan bawah. Silahkan anda klik, maka komputer atau laptop akan mati total.

Akhir Kata

Demikian penjelasan singkat mengenai cara mematikan komputer dengan keyboard bagi pemula, 100% berhasil. Selamat mencoba.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *