Cara Membuat Absen Di Google Classroom Dengan Mudah dan Lengkap

Cara Membuat Absen Di Google Classroom Dengan Mudah dan Lengkap

Cara Membuat Absen Di Google ClassroomDengan adanya pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini membuat semua aktivitas di berbagai macam sektor harus terhambat, termasuk juga pada bidang pendidikan. Dimana saat ini proses belajar mengajar harus dilakukan secara daring atau online untuk menghindari peningkatan terjadinya kasus positif Covid-19 di seluruh Indonesia.

Untuk itu, anda sebagai tenaga pendidik tentu saja harus mengetahui cara membuat absen di google classroom untuk merekap data absensi siswa secara otomatis dengan mudah.

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa saat ini aplikasi terbaik yang bisa kita gunakan untuk membuat absensi siswa adalah Google Classroom.

Namun tentu saja anda juga harus mengetahui bagaimana sih cara membuat absen di Google Classroom untuk mempermudah proses berjalannya aktivitas belajar mengajar secara daring.

Cara Membuat Absen Di Google Classroom Dengan Mudah dan Lengkap

Absensi siswa sebenarnya wajib dibuat oleh guru untuk bisa membantu dalam memantau kehadiran siswa yang mengikuti proses belajar mengajar secara daring.

Salah satu keuntungan proses belajar mengajar secara daring ini adalah proses absensi menjadi otomatis sehingga akan lebih meminimalisir terjadinya kesalahan saat melakukan rekap data absensi.

Nah karena saat ini proses belajar mengajar sedang dilakukan secara online. Maka secara otomatis guru juga harus mengetahui bagaimana cara membuat absen di Google Classroom.

Untuk anda yang belum mengetahui bagaimana caranya, berikut dibawah ini sudah saya tuliskan beberapa langkah-langkahnya.

  1. Untuk anda yang belum membuat kelas di Google Classroom, silahkan anda buat dulu kelas di Google Classroom. Namun untuk anda yang sudah membuat kelas, silahkan anda login dulu dengan akun email yang anda gunakan untuk membuat kelas sebelumnya.
  2. Berikutnya pilih menu Google Classroom, kemudian anda pilih menu Tugas Kelas.
  3. Buat tugas baru dengan cara mengklik tambah (+) pada menu Tugas Kelas.
  4. Berikutnya anda pilih Topik, kemudian anda buat topik baru dan beri nama Absensi Kelas. Kemudian anda klik tambahkan. Membuat nama topik baru di Google Classroom ini sangat penting untuk anda perhatikan, hal ini agar bisa mengklasifikasikan materi-materi yang harus diberikan kepada siswa. Pada dasarnya topik ini hampir sama seperti kategori atau label.
  5. Selanjutnya anda buat pertanyaan baru dengan cara mengklik tombol (+), kemudian anda pilih Question.
  6. Nah pada kolom pertanyaan ini silahkan anda masukkan judul seperti Absensi Kelas Kamis, 15 Juli 2021. Berikutnya anda juga bisa menambahkan petunjuk sebagai opsional, tambahkan petunjuk seperti deskripsi.
  7. Berikutnya pada pilihan Jawaban Singkat, anda bisa menggantinya dengan pilihan ganda.
  8. Nah dalam opsi kehadiran ini anda bisa menambahkan jawaban pilihan ganda seperti “Hadir, Sakit, Izin”. Untuk masalah absensi alfa ini tidak perlu anda buat, karena tentu saja siswa yang alpa tidak akan hadir pada Google Classroom.
  9. Kemudian pada menu untuk, silahkan anda pilih kelas mana yang akan dibagikan. Nah karena kali ini kita membuat absensi kelas, bukan materi online. Jadi tentu saja anda harus menambahkan kelas spesifik untuk memudahkan anda dalam merekap absensi kelas.

Nah itulah bagaimana langkah mudah cara membuat absen di Google Classroom dengan mudah dan lengkap.

Semoga informasi yang saya berikan kali ini dapat bermanfaat untuk anda yang masih bingung terkait bagaimana cara membuat absensi pada Classroom.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *