3 Cara Mengatasi Komputer Cpu Hidup Tapi Monitor Tidak Menampilkan Gambar

Cara Mengatasi Komputer Cpu Hidup Tapi Monitor Tidak Menampilkan Gambar

Cara Mengatasi Komputer Cpu Hidup Tapi Monitor Tidak Menampilkan GambarPernahkah anda saat menggunakan komputer, cpu atau prosesor menyala namun monitor tidak menampilkan gambar?

Bagaimana cara mengatasi komputer cpu hidup tapi monitor tidak menampilkan gambar? Apakah kita harus membawanya ke tempat service?

Atau kita harus mengganti monitornya? Eits, jangan terburu-buru mengambil langkah yang salah. Sebab pada kesempatan kali ini saya akan membagikan bagaimana cara mengatasi komputer cpu hidup tapi monitor tidak menampilkan gambar.

3 Cara Mengatasi Komputer CPU Hidup Tapi Monitor Tidak Menampilkan Gambar

Komputer CPU Hidup tapi tidak mau menampilkan gambar adalah salah satu masalah yang paling sering dialami oleh para pengguna komputer.

Bahkan saya sendiri juga sudah cukup sering mengalami masalah seperti ini. Oleh sebab itu, jangan langsung khawatir dan cemas terkait permasalahan yang sedang anda alami tersebut. Sebab, berikut dibawah ini sudah saya tuliskan beberapa cara mengatasi komputer cpu hidup tapi monitor tidak menampilkan gambar.

1. Cek Kabel VGA Di Komputer

Jika lampu indikator sudah menyala pada monitor, maka hal tersebut mengindikasikan jika monitor sudah berada dalam kondisi menyala.

Namun kenapa belum muncul tampilan dari sistem operasi komputer yang anda gunakan? Kemungkinan besar anda harus mengecek sambungan dari kabel VGA yang anda gunakan saat menghubungkan antara monitor dengan CPU.

Apakah port VGA sudah tertancap dengan pas atau tidak. Sebab jika memang port VGA masih belum tertancap dengan benar, inilah yang menjadi permasalahannya.

2. Menggunakan Safe Mode

Berikutnya cara mengatasi komputer cpu hidup tapi monitor tidak menampilkan gambar adalah dengan menggunakan safe mode atau mode aman.

Untuk anda yang menggunakan sistem operasi Windows, tentu saja anda bisa menggunakan safe mode dengan mudah. Cobalah untuk menekan F2 saat komputer pertama kali melakukan booting untuk masuk pada safe mode di Windows.

Jika ternyata saat masuk ke safe mode, monitor bisa menampilkan gambar kemungkinan besar yang menjadi masalah adalah sistem operasi yang anda gunakan terdapat error.

3. Install Ulang Driver VGA

Driver VGA berguna sebagai jembatan dari monitor dengan VGA yang ada pada CPU. Jadi VGA nantinya yang akan mengirim output yaitu hasil processing grafis menuju ke layar monitor.

Nah driver VGA yang bermasalah tentu saja bisa membuat sistem menjadi unable bahkan bisa menjadi penyebab dari terjadinya blue screen. Untuk itu cara mengatasi komputer CPU hidup tapi monitor tidak menampilkan gambar adalah dengan menginstall ulang driver VGA.

  • Pertama anda nyalakan komputer, kemudian anda masuk ke safe mode.
  • Berikutnya anda pergi ke Device manager, caranya dengan mengetikkan “Device Manager” pada kolom di start menu.
  • Berikutnya anda cari menu Display Adapter.
  • Setelah itu anda klik kanan, kemudian anda pilih properties.
  • Berikutnya anda pilih Update Driver.
  • Tunggu proses install ulang driver VGA berjalan sampai selesai.

Nah itulah 3 cara mengatasi komputer cpu hidup tapi monitor tidak menampilkan gambar.

Jika anda sudah melakukan 3 langkah di atas, namun ternyata monitor masih tidak bisa menampilkan gambar, maka yang menjadi masalah adalah pada perangkat monitor itu sendiri.

Untuk itu anda bisa mencoba untuk menggunakan monitor lainnya dan mengetes apakah monitor tersebut bisa menampilkan gambar atau tidak. Semoga informasi yang saya berikan kali ini bermanfaat untuk anda.

Artikel Bermanfaat Lain : Solusi Cara Mengatasi Komputer Lelet Dengan Mudah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *