5 Cara Mengatasi Komputer Lemot Windows 10 Dengan Mudah Tanpa Install Ulang

Cara Mengatasi Komputer Lemot Windows 10 Dengan Mudah
Sumber Gambar : unsplash.com

Cara Mengatasi Komputer Lemot Windows 10 Dengan Mudah Tanpa Install UlangWalaupun sekarang ini sudah ada Windows 11, namun Windows 10 masih menjadi salah satu sistem operasi yang masih banyak digunakan sampai saat ini.

Hal ini karena untuk urusan performa, memang Windows 10 memiliki performa yang cukup baik dan juga cukup stabil. Namun masih saja ada beberapa komputer yang mengalami masalah lelet atau lemot. Lalu bagaimana sih cara mengatasi komputer lemot windows 10?

5 Cara Mengatasi Komputer Lemot Windows 10 Tanpa Install UlangCara Mengatasi Komputer Lemot Windows 10 Dengan Mudah Tanpa Install Ulang

Memiliki komputer atau laptop yang lemot memang menjengkelkan, bagaimana tidak. Terkadang aktivitas komputasi kita bisa terganggu karena masalah komputer yang lemot tersebut. Lalu bagaimana sih cara mengatasi komputer lemot windows 10 tanpa harus repot repot melakukan install ulang? Silahkan anda simak dulu ulasan ImpianGadget dibawah ini.

1. Restart Komputer

Cara mengatasi komputer windows 10 yang lemot pertama adalah dengan melakukan restart komputer atau laptop. Kebiasaan melakukan sleep pada windows 10 memang bisa menghemat baterai, namun proses sleep ini akan membuat komputer tetap bekerja sehingga jika nantinya laptop dinyalakan akan berdampak terhadap kinerja dari komputer menjadi lebih lemot daripada biasanya.

2. Update Windows 10

Mungkin masalah lemot pada komputer windows 10 kalian ini terjadi karena windows 10 yang sudah lama tidak mendapatkan update, oleh sebab itu anda bisa melakukan update terlebih dahulu.

Karena sudah pasti jika windows 10 melakukan update, sistem operasi akan memperbaiki beberapa bug dan juga kesalahan yang terdapat pada sistem operasi itu sendiri.

Proses ini biasanya memakan waktu yang cukup lama dan harus terkoneksi kan dengan internet, jadi ketika anda ingin mengupdate sistem operasi Windows 10 anda, siapkan jaringan internet yang stabil dan waktu anda.

3. Mematikan Startup Program Yang Tidak Penting

Terkadang saat kita menginstall aplikasi baru, aplikasi baru tersebut akan otomatis berjalan ketika komputer dinyalakan. Nah startup application ini bisa membuat kinerja dari komputer windows 10 menjadi lemot.

Oleh sebab itu anda bisa mematikan startup program yang tidak penting sehingga kinerja dari komputer windows 10 menjadi tidak terbebani dengan beberapa program tidak penting ketika dinyalakan.

4. Mematikan Power Saving

Sistem operasi Windows 10 ini memang memiliki fitur Power Saving yang bisa kita gunakan untuk menghemat baterai dari laptop atau komputer yang kita gunakan.

Namun untuk penggunaan komputer, saya rasa power saving ini tidak begitu diperlukan, sebab komputer tidak menggunakan baterai dan hanya menggunakan aliran listrik dari PSU. Oleh sebab itu, anda bisa mematikan power saving, sebab power saving ini bisa meminimalisir kinerja dari prosesor yang pastinya akan berdampak pada kinerja komputer.

5. Mematikan Fitur Transparency Effects

Windows 10 sendiri juga hadir dengan desain dan juga efek animasi yang sangat ciamik. Namun ternyata kehadiran dari fitur tersebut akan berdampak dari sistem operasi Windows yang menjadi berat, apalagi jika anda memiliki komputer dengan spesifikasi yang pas-pasan, tentu saja akan keberatan jika harus menggunakan fitur yang menarik dari Windows 10.

Untuk itu, anda bisa mematikan fitur animasi dan juga transparency yang terdapat di Windows 10.

Caranya dengan masuk ke menu Themes and Settings, kemudian anda pilih Colors, selanjutnya anda matikan transparency effects.

Nah itulah beberapa cara mengatasi komputer lemot Windows 10 dengan mudah yang bisa anda lakukan tanpa harus melakukan install ulang terhadap sistem operasi Windows 10 yang sedang anda gunakan.

Semoga informasi yang saya berikan kali ini dapat bermanfaat untuk anda yang ingin mempercepat kinerja dari komputer atau Laptop anda yang menggunakan sistem operasi Windows 10.  Terima kasih dan sampai jumpa..

Baca Juga : Cara Mengatasi Komputer Reboot And Select Proper Boot Device

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *