4 Cara Mengatasi Komputer Macet Atau Hang

Cara Mengatasi Komputer Macet Atau Hang scaled

Cara Mengatasi Komputer Macet Atau HangSaat ini komputer sudah menjadi salah satu perangkat yang paling penting untuk dimiliki oleh setiap orang, bagaimana tidak?

Di zaman yang sudah serba digital dan sudah serba canggih ini semua harus dilakukan dengan perangkat komputer, atau paling tidak menggunakan jaringan internet lah.

Lalu bagaimana cara mengatasi komputer macet? Tentu saja masalah komputer macet menjadi masalah yang paling sering dialami oleh setiap pengguna komputer.

Dengan mengalami masalah komputer yang macet tentu saja kita sebagai pengguna komputer harus bisa mengetahui bagaimana cara mengatasi komputer macet tersebut.

Dengan begitu kita bisa kembali produktif lagi dengan menggunakan komputer.

Cara Mengatasi Komputer Macet Atau Hang

Cara Mengatasi Komputer Macet Atau Hang
Sumber Gambar : Pixabay.com

Mengalami masalah komputer macet tentu saja akan sangat menjengkelkan, apalagi jika kita sedang membutuhkan komputer tersebut untuk urusan darurat seperti urusan pekerjaan yang sudah dikejar deadline.

Untuk itu, jangan langsung panik. Berikut dibawah ini sudah saya jelaskan beberapa cara mengatasi komputer macet atau hang.

1. Akhiri Program Yang Berjalan Di Latar Belakang

Salah satu penyebab dari komputer macet adalah karena program yang berjalan di latar belakang. Nah oleh sebab itu, anda harus bisa mengakhiri program yang berjalan di latar belakang tersebut sebagai bentuk dari cara mengatasi komputer macet.

Dimana anda bisa memanfaatkan fitur task manager yang ada di komputer untuk mengakhiri program secara paksa.

Caranya adalah dengan menekan tombol CTRL + SHIFT + ESC. Kemudian anda pilih program mana yang ingin anda akhiri atau tutup paksa. Setelah itu komputer akan bisa berjalan normal seperti semula.

2. Paksa Matikan Komputer

Jika komputer macet dan tidak bisa digunakan untuk menjalankan segala macam perintah, maka langkah darurat yang bisa anda lakukan adalah dengan mematikan paksa komputer tersebut.

Caranya adalah dengan menekan tombol power selama beberapa detik, kemudian akan secara otomatis mati. Namun jangan terlalu sering menggunakan cara ini ya, karena bisa merusak komponen perangkat keras dari komputer.

3. Menggunakan Safe Mode

Untuk dapat menggunakan safe mode ini, tentu saja anda harus mematikan komputer yang anda gunakan tersebut.

Dengan menggunakan safe mode, anda akan menggunakan sistem operasi paling dasar dari windows, semua program atau aplikasi yang terinstall sebelumnya di mode normal tidak akan ditampilkan dan tidak bisa digunakan pada safe mode ini. Untuk masuk ke safe mode sebenarnya sangat mudah.

Ketika anda mematikan paksa komputer melalui tombol power, saat anda kembali menyalakan komputer akan ada pilihan menggunakan safe mode. Nah anda pilih saja menu tersebut.

Atau anda juga bisa menekan tombol F1 sampai F12 sesuai dengan jenis atau merek komputer yang anda gunakan.

4. Menghapus Aplikasi Yang Terakhir Diinstall Sehingga Menyebabkan Komputer Mudah Macet

Tentu saja komputer yang tiba-tiba macet menjadi indikasi jika software atau aplikasi yang baru saja kita install tersebut bermasalah dan membawa dampak buruk untuk komputer.

Untuk itu, anda bisa menghapus aplikasi yang terakhir anda install sehingga menjadi penyebab dari komputer yang mudah macet.

Setelah anda menghapus aplikasi tersebut, anda bisa merestart komputer yang anda gunakan dan lihatlah perbedaannya.

Nah itulah bagaimana cara mengatasi komputer macet atau hang yang bisa anda lakukan sendiri tanpa perlu terburu-buru membawa nya ke tempat service komputer terdekat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *