5 Cara Mengatasi Komputer Mati Sendiri Dengan Mudah

5 Cara Mengatasi Komputer Mati Sendiri Dengan Mudah scaled

Cara Mengatasi Komputer Mati Sendiri Komputer yang mati sendiri ketika digunakan tentu saja menjadi salah satu masalah yang paling terjadi dan juga dialami oleh setiap pengguna komputer.

Apalagi untuk anda yang memiliki komputer dengan usia tua. Komputer yang mati sendiri tentu saja menjadi masalah yang cukup serius, terutama saat kita sedang asyik-asyik menggunakan komputer, tapi tiba-tiba komputer mati.

Tentu saja kita harus mengetahui bagaimana cara mengatasi komputer mati sendiri.

Cara Mengatasi Komputer Mati Sendiri Dengan Mudah

5 Cara Mengatasi Komputer Mati Sendiri Dengan Mudah
Sumber Gambar : Pixabay

Sedang asyik bermain game atau menonton film, tapi tiba-tiba komputer mati sendiri tentu saja bisa sangat mengganggu.

Untuk itu, agar anda bisa terhindar dari permasalahan seperti ini ada baiknya anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana sih langkah yang tepat cara mengatasi komputer mati sendiri dengan mudah tanpa harus membawanya ke tempat service komputer.

1. Periksa Power Supply

Hal utama yang harus kita periksa ketika komputer tiba-tiba mati sendiri tentu saja adalah pada Power Supply.

Karena power supply inilah sebagai media untuk menyalurkan arus listrik. Kemungkinan penyebab dari masalah komputer yang tiba-tiba mati sendiri adalah terdapat masalah pada Power Supply.

Anda harus memastikan jika output daya yang dihasilkan oleh PSU harus sesuai dengan kebutuhan dari komponen komputer kita. Karena jika kurang tentu saja komputer akan mati sendiri.

2. Jangan Sampai CPU Mengalami Overheating

Jika komputer tiba-tiba mati secara mendadak karena digunakan untuk aktivitas multitasking yang berat, maka penyebab dari komputer yang tiba-tiba mati adalah karena CPU yang mengalami overheating atau terlalu panas.

Cara mengatasi komputer mati sendiri karena CPU yang overheating adalah dengan melakukan penggantian thermal paste atau pasta CPU secara berkala.

Thermal paste ini memiliki fungsi yang cukup signifikan pada CPU, karena berguna untuk menghantarkan panas dari CPU ke Pendingin.

3. Periksa Tombol Power

Walaupun terkesan sebagai hal yang sederhana, namun masalah ini juga bisa menjadi penyebab dari komputer yang mati sendiri.

Saat kita ingin menyalakan komputer tentu saja anda harus menekan tombol power. Nah di dalam tombol power ini terdapat sambungan kabel yang langsung terhubung ke mainboard.

Yang menjadi masalah adalah saat kabel tersebut putus atau malah secara tidak sengaja tersambung dengan lainnya.Oleh sebab itu terkadang komputer bisa mati secara tiba-tiba dalam kurun waktu tertentu.

4. Scan Komputer Dengan Antivirus

Virus pada komputer memang menjadi masalah yang sudah umum terjadi. Virus di Komputer ini juga bisa menjadi penyebab dari komputer yang tiba-tiba mati sendiri.

Oleh sebab itu cobalah untuk melakukan scan pada komputer anda dengan menggunakan antivirus, siapa tau penyebab utama dari komputer yang tiba-tiba mati saat digunakan adalah karena terdapat virus membandel di komputer.

5. Install Ulang Sistem Operasi

Cara mengatasi komputer mati sendiri yang terakhir adalah dengan melakukan install ulang sistem operasi.

Dimana biasa nya penyebab dari komputer yang tiba-tiba suka mati sendiri adalah karena terjadi masalah pada sistem operasi yang tidak stabil.

Oleh sebab itu, install ulang menjadi cara mengatasi komputer mati sendiri yang paling ampuh untuk mengembalikan kestabilan dari sistem operasi yang kita gunakan.

Nah itulah bagaimana cara mengatasi komputer mati sendiri dengan mudah. Semoga informasi yang saya berikan kali ini dapat bermanfaat untuk anda yang mengalami masalah komputer suka mati sendiri, Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Komputer Tidak Mau Hidup Atau Susah Nyala

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *