Cara Mengatasi Komputer Reboot And Select Proper Boot Device

Cara Mengatasi Komputer Reboot And Select Proper Boot Device

Cara Mengatasi Komputer Reboot And Select Proper Boot DeviceUntuk anda pengguna komputer atau laptop, tentu saja anda terkadang akan mendapatkan pesan reboot and select proper boot device.

Memang pesan error ini menjadi salah satu pesan error yang mengganggu dan bisa saja muncul saat keadaan tertentu.

Jika anda mengalami pesan error seperti ini tentu saja bisa membuat komputer atau laptop anda menjadi tidak bisa melakukan booting, bahkan tidak bisa digunakan untuk hal apapun. Lalu bagaimana sih cara mengatasi komputer reboot and select proper boot device?

Cara Mengatasi Komputer Reboot And Select Proper Boot Device

Pesan error Reboot And Select Proper Boot ini mengindikasi jika komputer tidak bisa menemukan sistem operasi yang terinstall pada komputer itu sendiri.

Artinya selama proses boot, BIOS tidak bisa mengetahui harddisk tempat dari sistem operasi kalian terinstall. Lalu bagaimana Cara Mengatasi Komputer Reboot And Select Proper Boot Device yang tepat?

Periksa Dulu Koneksi Harddisk

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan memeriksa koneksi dari harddisk menuju ke mainboard atau motherboard.

Apabila Hardisk kalian tidak bisa terhubung dengan benar ke motherboard, wajar saja jika sistem operasi tidak akan bisa ditemukan. Untuk itu cobalah untuk memeriksa kabel harddisk, apakah sudah tertancap dengan benar di motherboard, apakah putus.

Jika memang tidak ada masalah pada koneksi harddisk dengan motherboard, kita skip ke langkah berikutnya.

Drive Yang Salah Pilih

Cara mengatasi komputer reboot dengan pesan error berikutnya adalah dengan memeriksa apakah BIOS bisa mengenali harddisk kalian dengan benar. Anda juga harus bisa mengatur urutan boot dari sistem komputer anda.

Pastikan jika harddisk berada di urutan pertama atau di urutan teratas saat bios membaca pertama kali dihidupkan.

Menggunakan Windows Startup Repair

Berikutnya cara mengatasi komputer reboot and select proper boot device adalah dengan menggunakan Windows Startup Repair.

Dimana dengan menggunakan Windows Startup Repair ini, komputer atau sistem operasi akan secara otomatis memperbaiki kesalahan yang ditemukan dan terdapat di dalamnya sendiri.

Biasa Nya saat komputer mati mendadak, atau dipaksa mati maka akan muncul pilihan windows startup repair ketika pertama kali anda menyalakannya kembali.

Atau anda juga bisa memasukkan cd installer dari sistem operasi WIndows yang anda miliki, kemudian anda melakukan startup repair dengan CD Bootable tersebut.

Mengatur Partisi Aktif

Langkah berikutnya anda bisa mengatur partisi aktif dari komputer. Caranya adalah dengan masuk pada safe mode, berikutnya anda masuk pada Windows Diskpart. Tenang saja, karena di dalam safe mode ini sudah terdapat Windows Diskpart yang merupakan tool sistem yang sudah terintegrasi di windows.

Mengatur partisi aktif terbukti sangat ampuh untuk mengatasi komputer yang reboot dengan menampilkan pesan error reboot and select proper boot device.

Install Ulang Sistem Operasi

Cara mengatasi komputer reboot and select proper boot device yang terakhir adalah dengan melakukan install ulang sistem operasi. Sebab jika komputer muncul pesan error tersebut, kemungkinan besar terjadi kerusakan pada sistem operasi.

Nah salah satu langkah yang paling tepat adalah dengan melakukan install ulang.

Nah itulah beberapa cara mengatasi komputer reboot and select proper boot device, semoga informasi yang saya berikan kali ini dapat bermanfaat untuk anda yang mengalami masalah reboot and select proper boot device.

Baca Juga : 3 Cara Mengatasi Komputer Cpu Hidup Tapi Monitor Tidak Menampilkan Gambar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *