5 Cara Mengatasi Komputer Tidak Mau Hidup Atau Susah Nyala

5 Cara Mengatasi Komputer Tidak Mau Hidup mudah
Sumber Gambar : unsplash.com

Cara Mengatasi Komputer Tidak Mau HidupMeskipun saat ini android atau smartphone lebih populer digunakan daripada komputer, namun tentu saja hal tersebut tidak langsung membuat penggunaan komputer juga ditinggalkan.

Karena ada beberapa keunggulan dari komputer yang tidak dimiliki oleh smartphone yakni, spesifikasi dari komputer bisa ditingkatkan dan disesuaikan dengan apa yang kita inginkan.

Namun terkadang pengguna komputer sering mengalami masalah seperti komputer yang tidak mau menyala. Lalu bagaimana cara mengatasi komputer tidak mau hidup.

Cara Mengatasi Komputer Tidak Mau Hidup Atau Susah Nyala Dengan Benar

5 Cara Mengatasi Komputer Tidak Mau Hidup Atau Susah Nyala
Sumber Gambar : unsplash.com

Walaupun sebenarnya komputer yang tidak mau nyala bukan menjadi masalah yang baru lagi. Namun sampai saat ini masih ada banyak orang yang masih belum mengetahui bagaimana sih cara mengatasi komputer tidak mau nyala atau susah untuk dinyalakan.

Untuk itu, berikut dibawah ini sudah saya jelaskan sedikit informasi mengenai bagaimana cara mengatasi komputer tidak mau hidup.

1. Periksa Kabel Monitor Ke Komputer

Komputer tidak mau hidup dengan layar monitor berwarna hitam, kemungkinan besar itu bisa terjadi karena kabel monitor tidak terhubung ke komputer atau casing komputer.

Oleh sebab itu, cobalah untuk memeriksa kabel monitor yang terhubung ke komputer, periksa apakah benar-benar sudah tertancap atau belum.

Anda juga bisa mencoba untuk menggunakan monitor lainnya, jika ternyata penggunaan monitor lain komputer bisa menyala maka yang rusak adalah komputer yang anda gunakan sebelumnya.

2. Install Ulang Komputer

Terkadang penyebab komputer yang tidak mau hidup adalah karena terdapat kerusakan yang berada di sistem operasi dari komputer itu sendiri.

Oleh sebab itu, cara mengatasi komputer tidak mau hidup adalah dengan cara melakukan install ulang komputer.

Cobalah untuk membuat usb bootable sistem operasi menggunakan komputer lain, dan menginstalnya ke komputer yang bermasalah ini. Kemungkinan cara install ulang komputer ini bisa kita andalkan untuk mengatasi masalah komputer tidak mau hidup.

3. Periksa Kabel Hardisk

Cara mengatasi komputer tidak mau hidup yang berikutnya adalah dengan memeriksa atau mengecek kabel hardisk komputer yang anda gunakan.

Karena jika hardisk rusak tentu saja komputer hanya akan menampilkan layar hitam saja, sebab tidak ada sistem operasi yang terbaca pada komputer.

Untuk itu anda bisa memeriksa kabel hardisk dan juga kondisi hardisk komputer yang anda gunakan.

4. Membersihkan RAM

Berikutnya cara mengatasi komputer tidak mau hidup adalah anda bisa membersihkan ram terlebih dahulu. Tanda-tanda yang bermasalah pada ram adalah misalnya komputer hidup dan berkedip beberapa detik kemudian mati lagi.

Cobalah untuk memeriksa kondisi Ram, kemudian bersihkan ram dengan menggunakan penghapus dan pasangkan dengan baik agar tidak longgar.

Anda juga bisa melakukan uji coba dengan RAM lain, jika ternyata lancar maka RAM yang anda pakai sebelumnya mengalami kerusakan.

5. Cabut Dan Pasang Kembali CMOS BIOS

Terakhir, cara mengatasi komputer tidak mau hidup adalah dengan mencabut dan pasang kembali CMOS BIOS.

Jika ternyata masih belum bisa berdampak baik terhadap komputer, anda bisa mengembalikan settingan dari BIOS kembali ke pengaturan awal. Dengan mengembalikan settingan BIOS ke kondisi default atau awal tentu saja komputer juga akan kembali sama seperti semula semua settingannya.

Nah itulah beberapa cara mengatasi komputer tidak mau hidup atau susah nyala yang bisa anda lakukan sendiri di rumah tanpa perlu membawanya ke tukang servis komputer.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Komputer Mati Sendiri Dengan Mudah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *