4 Cara Mengetahui Rekening Masih Aktif atau Tidak

Cara Mengetahui Rekening Masih Aktif atau Tidak

Cara Mengetahui Rekening Masih AktifSebagian dari anda pasti sudah mempunyai rekening? namun apakah kalian tahu bagaimana cara mengetahui rekening masih aktif atau tidak. Nah, pada kesempatan kali ini kami berikan tips perihal status rekening masih aktif atau tidak.

Memang ada aktifitas yang membuat atau menyebabkan suatu rekening tidak aktif. Salah satunya ialah jarang melakukan aktifitas transaksi baik transfer atau sejenisnya. Apalagi tidak pernah isi saldo rekening dengan cara menabung.

Pada pembahasan ini kami mencontohkan rekening BCA. Umumnya pada rekening BCA akan tidak aktif, apabila anda tidak pernah melakukan aktifitas transaksi serta saldo mencapai Rp 0,- selama tiga bulan.

Maka di bulan ke enam saat saldo nol rupiah, secara otomatis rekening akan di nonaktifkan.

Tidak terkecuali pada beberapa bank di Indonesia seperti BRI, Mandiri, BNI, dan lain sebagainya. Pasti semua mempunyai kebijakan masing-masing untuk menonaktifkan rekening yang tidak aktif.

Sedangkan ATM tentu akan ikutan tidak aktif pula, sebab rekening dan ATM sangat berkaitan terutama untuk melakukan transaksi.

Alasan Bank Tentang Rekening Tidak Aktif

Adapun rekening tidak aktif biasanya oleh pemilik tidak di pergunakan sama sekali atau jarang di gunakan untuk transaksi.

Seperti yang telah di ketahui bank menerapkan admin bulanan sesuai kebijakan yang mana akan memotong dari saldo rekening. Apabila rekening tidak memiliki saldo hingga batas tertentu, maka pihak bank berhak menonaktifkan.

Itulas sekilas mengenai alasan bank tentang rekening yang sudah tidak aktif. Lantas, bagaimana cara mengetahui rekening masih aktif atau tidak?

Cara Mengetahui Rekening Masih Aktif atau Tidak

Cara Mengetahui Rekening Masih Aktif atau Tidak
Sumber Gambar : qelola.com/

Adapun cara umum yang di lakukan salah satunya ialah dengan mengecek rekening itu sendiri, melalui internet banking atau mobile banking. Tujuannya untuk melihat nominal saldo yang tersisa di rekening.

1. Coba Lakukan Transaksi

Pada umumnnya rekening yang sudah tidak aktif tidak dapat untuk melakukan aktifitas transaksi. Sebab akan muncul sebuah informasi mengenai rekening tidak aktif.

2. Silahkan Hubungi Customer Service Bank

Setiap bank tentu memiliki Customer Service atau di singkat CS. Sebuah layanan untuk customer maupun calon custumer yang ingin mengetahui sebuah informasi.

Jadi anda cukup hubungi pihak CS bank dan tanyakan informasi terkait aktif tidaknya nomor rekening atas nama anda. Cara ini cukup efektif untuk mengetahui informasi secara jelas tentang status rekening anda.

3. Datang ke Bank Terdekat

Anda juga bisa langsung datang ke bank terdekat yang mana saat anda membuka rekening tabungan. Misalnya di bank BCA, jadi anda cukup datangi bank BCA terdekat bukan malah datang ke bank Mandiri atau lainnya.

Kemudian tanyakan pada pihak CS tentang status rekening bank anda. Maka nanti akan di bantu untuk proses pengecekan rekening masih aktif atau tidak.

Jangan lupa anda bawa KTP, buku tabungan atau dokomen pendukung lain jika di perlukan.

4. Pakai Mobile Banking atau Internet Banking

Diketahui internet banking dan mobile banking memudahkan para pengguna untuk mengelola rekening. Baik untuk cek mutasi, cek saldo, transfer antar bank atau lain bank menggunakan HP android atau iPhone.

Pastikan anda punya akses untuk login serta password untuk melihat isi rekening anda. Jika tidak punya akses login silahkan minta kepada pihak bank yang bersangkutan.

Akhir Kata

Demikian ulasan yang bisa di sampaikan mengenai cara mengetahui rekening bank masih aktif atau tidak secara mudah dan benar. Selamat mencoba.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *