Cara Menggunakan Camscanner : Ubah Foto Menjadi File Scan PDF

Cara Menggunakan Camscanner

Cara Menggunakan Camscanner – Karena adanya pandemi covid-19 yang masih belum bisa hilang dari Indonesia, terkadang saat kita ingin melamar atau mendaftar pekerjaan harus dilakukan secara online.

Nah untuk melampirkan persyaratan pendaftaran pekerjaan tersebut kita juga harus melampirkan file scan dokumen PDF.

Untung saja saat ini zaman sudah semakin canggih, dimana kita bisa melakukan scan file atau foto menjadi berbentuk dokumen pdf dengan adanya aplikasi camscanner.

Namun yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara menggunakan camscanner untuk mengubah foto menjadi berbentuk dokumen pdf.

CamScanner : Aplikasi Scan Dokumen Terbaik Saat IniCara Menggunakan Camscanner

CamScanner merupakan aplikasi scan dokumen terbaik saat ini. Dimana dengan menggunakan CamScanner ktia bisa merubah smartphone menjadi alat scanner yang multifungsi.

Sebab selain bisa digunakan untuk menscan dokumen penting seperti KK, KTP, dan diubah menjadi file dokumen berbentuk PDF atau JPG dengan kualitas yang sangat tinggi.

Yang keren dari aplikasi ini adalah, walaupun memiliki kemampuan dan juga guna yang sangat banyak namun aplikasi CamScanner ini bisa kita gunakan secara gratis.

Walaupun ada juga yang versi berbayar, namun saya rasa fitur dari CamScanner gratis ini sudah lebih dari cukup jika hanya digunakan untuk melakukan scan pada dokumen penting kita.

Nah berikut adalah beberapa fitur dari CamScanner yang bisa kalian gunakan :

  • Melakukan scan dokumen penting untuk diubah menjadi Txt, PDF bahkan PPT.
  • Terdapat fitur ID Photo maker yang bisa kita gunakan untuk scan Paspor atau KTP.
  • Fitur OCR yang bisa kita gunakan untuk scan kata-kata.
  • Scan KTP bolak balik.
  • Memiliki fitur smart cropping dan juga Auto Enhancing yang bisa memaksimalkan hasil foto menjadi lebih tajam.

Cara Menggunakan CamScanner Untuk Scan Foto

Nah setelah kalian mengetahui sekilas tentang aplikasi CamScanner, tentu saja kalian juga akan penasaran terkait bagaimana sih cara menggunakan CamScanner untuk scan foto. Berikut dibawah ini adalah langkah-langkah cara menggunakan CamScanner untuk scan foto.

  • Pertama kalian harus mengunduh dan install dulu aplikasi CamScanner yang bisa kalian dapatkan di Playstore secara gratis.
  • Selanjutnya kalian buka dan jalankan CamScanner.
  • Berikutnya kalian klik ikon Kamera yang terdapat di pojok kanan bawah. Selanjutnya kalian scan dokumen yang ingin kalian ubah menjadi PDF. Pastikan agar kalian melakukan scan di tempat dengan cahaya yang memadai ya.
  • Kemudian kalian klik berikutnya agar aplikasi menyesuaikan ukuran dari file hasil scan yang anda lakukan. Kalian juga bisa menyesuaikannya seperti mengatur bagian mana yang ingin di crop dan juga mengatur kecerahan agar sesuai.
  • Langkah berikutnya kalian bisa menyempurnakan hasil scan foto tersebut dengan fitur filter dari CamScanner.
  • Simpan file hasil scan tersebut ke galeri dengan cara klik “Simpan”.
  • Kalian juga bisa mengubah nama dari dokumen yang kalian scan dengan cara klik tiga titik di pojok kanan atas, kemudian kalian klik ganti nama dan beri nama yang sesuai dengan dokumen yang kalian scan.

Nah itulah bagaimana cara menggunakan camscanner yang mungkin belum kalian ketahui sebelumnya.

Semoga informasi yang saya berikan kali ini bermanfaat untuk kalian yang masih kebingungan terkait bagaimana sih cara menggunakan CamScanner di Hp untuk scan dokumen penting seperti KTP dan Passport.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *