Ini Aplikasi Yang Buat Pengguna iPhone Gak Mau Pakai Android

Apple, Android, Iphone iMessage, Aplikasi,
Ini Aplikasi Yang Buat Pengguna iPhone Gak Mau Pakai Android (Image via macrumors.com)

Impiangadget.com – Sekarang ini setidaknya ada dua sistem operasi smartphone yang sangat banyak digemari yaitu iOS dan juga Android, dan aplikasi ini yang buat pengguna iPhone gak mau menggunakan Android.

Para pengguna smartphone iOS ataupun iPhone mungkin mempunyai alasan kenapa tetap setia memakai perangkat itu dan tak ingin menggunakan Android.

Read More

Salah satu alasan para pengguna ialah mungkin karena ekosistem Apple, di mana sejumlah layanan, aplikasi, dan juga aneka sistem di iPhone, iPad, dll cuman dapat dipakai antar-perangkat buatan Apple.

Hal tersebut juga tertuang dalam sebuah dokumen pengadilan yang diajukan Epic Games, pengembang game battle royale, Fortnite, dalam kasus sengketanya dengan Apple, berhubung pungutan di toko aplikasi App Store.

“Alasan utama mengapa sulit untuk meninggalkan ekosistem Apple (iPhone, iPad, Macbook, dll) ialah eksklusivitas iMessage,”

Kata seorang mantan pegawai Apple pada tahun 2016 kemarin dalam dokumen pengadilan, dikutip dari Kompas hari Jumat 16 April 2021.

Aplikasi Yang Buat Pengguna iPhone
(Image via teknolah.blogspot.com)

Apple juga mengetahui aplikasi pesan singkat WhatsApp, iMessage menjadi salah satu alasan pengguna perangkat Apple tidak ingin pindah ke Android.

“Apabila pengguna iPhone ingin mengirim pesan ke pengguna selain iPhone, misalnya Android, maka iMessage akan mengubah pesan tersebut ke pesan singkat reguler (SMS),”

“Artinya pengguna ini tidak bisa menggunakan fitur utama iMessage,” kata Epic.

Epic juga mengatakan kalau Apple sebetulnya memang dari awal tidak berniat meluncurkan iMessage di Android.

Keunggulan iMessage

iPhone memang banyak menawarkan banyak keunggulan eksklusif bagi penggunanya. Tapi apakah kamu tahu kalau kamu bisa kirim SMS di iPhone ke seluruh dunia secara gratis?

Fitur ini ialah bernama iMessage yang memungkinkan kamu dapat mengirim SMS gratis ke sesama pengguna iPhone lainnya dengan menggunakan sambungan internet. Tidak cuman sesama iPhone, iMessage ini juga dapat mengirim pesan gratis ke para pengguna iPad dan juga Mac. Singkatnya, iMessage tersebut ialah fitur chatting sesama Fanboy atau pengguna produk-produk Apple di seluruh dunia.

Cara kerja dari iMessage ialah dengan mengirimkan SMS memakai internet ke sesama Apple ID. Bagi para pemakai produk-produk Apple seperti iPhone, diharuskan mempunyai Apple ID sebagai identifikasi perangkat supaya selalu mendapatkan update service dari perusahaan Apple. Untuk membuat Apple ID, kita cuman diminta untuk memakai alamat email sebagai ID. Selain hal tersebut, nomor selular yang kamu gunakan pada iPhone juga akan otomatis terdaftar dalam Apple Id kamu. Maka, waktu ketika kamu menulis pesan ke alamat email ataupun nomor selular yang terdaftar di Apple, pesan itu akan berubah otomatis dari text message atau SMS berbayar ke iMessage yang gratis.

iMessage tidak perlu aplikasi khusus lainnya. Kamu cukup gunakan fitur Messages atau pesan yang biasa digunakan untuk menulis SMS. Wkatu kamu memasukkan nomor atau ambil dari daftar kontak, maka iPhone akan segera mendeteksi apakah nomor itu terdaftar di Apple. Kalau memang nomor tersebut terdaftar di Apple Id, maka layar akan berubah dan langsung menampilkan kotak dialog iMessage. Selanjutnya, kamu bebas berkirim pesan tanpa takut pulsa kamu terpotong, bahkan untuk SMS keluar negeri pun tidak ada masalah.

Cara Mengaktifkan iMessage

Untuk cara mengaktifkan iMessage, pertama kamu sudah harus terhubung ke internet. Lalu masuk ke Setting >> Messages. Tap iMessage sampai berubah menjadi ON. Pada opsi “Send REad REceipts”, tap jadi on kalau kamu ingin penerima pesan kamu mengetahui apakah pesan yang mereka kirim telah dibaca atau belum. Sedangkan pada pilihan “Send as SMS”, apabila diubah menjadi ON, maka waktu sambungan internet kamu terputus, pesan kamu akan menjadi SMS berbayar kembali. Saya sangat menyarankan untuk tetap membiarkannya menjadi off, sehingga tidak khawatir dipotong pulsa, apalagi waktu SMS keluar negri. Akan tetapi supaya tidak kecolongan, kamu dapat mengirim SMS bukan ke nomor selular, tapi ke email yang telah terdaftar di Apple Id. Waktu alamat pengiriman pesan ialah email, maka pesan tidak akan berubah tiba-tiba menjadi text message berbayar.

Nah, apakah kamu ingin coba kirim SMS gratis di iPhone ini? iMessage sangat cocok untuk dicoba para pengguna iPhone sebagai saingan WhatsApp. Kalau ada pertanyaan ataupun pengalaman memakai iMessage, silakan berbagi di kolom komentar ya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *