Jaringan 5G | Segala Yang Perlu Kalian Ketahui Tentang 5G

Jaringan 5G
Jaringan 5G

Sejarah singkat G sampai ke 5G – Kalian mungkin pernah mendengar bahwa standar nirkabel generasi berikutnya sudah dekat. Standar ini dikenal sebagai jaringan 5G dan diharapkan akan sangat meningkatkan kecepatan dari apa yang kita lakukan setiap hari, dimanapun kita berada. Perusahaan dapat memperoleh manfaat besar dengan meningkatkan ke 5G karena peningkatan produktivitas karyawan, pengalaman bisnis seluler yang lebih baik, dan banyak lagi kemajuan.

Sejarah 5G
Sejarah 5G
  • 1G (generasi pertama), diperkenalkan pada awal 1980-an, adalah analog dan hanya suara.
  • 2G diikuti pada 1990-an, menambahkan enkripsi panggilan dan teks, dan layanan data dasar seperti SMS, pesan gambar dan Layanan Pesan Multimedia (MMS).
  • 3G hadir pada tahun 1998, mengantarkan era baru panggilan video dan internet seluler.
  • 4G diluncurkan pada tahun 2013, mendukung layanan berkecepatan lebih tinggi, seperti streaming HD (high definition), layanan game, dan konferensi video.
  • 5G ditayangkan di jaringan Vodafone UK pada 3 Juli 2019, menjanjikan kecepatan perubahan permainan dan kapasitas yang jauh lebih besar.

5G akan menjadi generasi kelima dari Long Term Evolution (LTE) nirkabel untuk perangkat seluler seperti komputer laptop, tablet, dan smartphone. Faktanya, “G” dalam jaringan 5G adalah singkatan dari “generasi.” Saat ini, banyak dari kita menggunakan 4G. Saat 4G pertama kali muncul, kalian mungkin terkesan dengan kecepatan mengunduh file dan streaming video.

Bacaan Lainnya

Jika lebih cepat lebih baik, maka kalian harus menyukai 5G. Diharapkan untuk memberikan kecepatan hingga 10 gigabit (Gbps) per detik – sekitar 40 kali lebih cepat dari kecepatan standar 4G.

Apa yang akan ditawarkan 5G ini ? jawabannya adalah kecepatan 5G yang jauh lebih cepat akan memungkinkan unduhan yang jauh lebih cepat. Misalnya, jika file dua gigabyte (GB) membutuhkan waktu sekitar sembilan menit untuk diunduh melalui koneksi 4G, kalian akan dapat mengunduh file yang sama hanya dalam hitungan detik dengan 5G.

Meskipun 4G telah memecahkan kebutuhan akan koneksi nirkabel berkabel atau broadband di beberapa lingkungan, jaringan 5G akan memberi bisnis Internet seluler berkekuatan perusahaan. Dengan kekuatan ini, perusahaan dapat menggunakan jaringan 5G sebagai teknologi Internet utama mereka di kantor dan untuk pekerja jarak jauh.

Akhirnya, jaringan 5G akan memberikan cakupan yang lebih baik. Karena cara kerja teknologi 5G, pengguna seluler seharusnya mengalami lebih sedikit zona mati. Itu manfaat besar bagi staf penjualan, personel lapangan, dan karyawan lain yang bekerja dari jarak jauh.

Bagaimana Jaringan 5G Akan Mengubah Cara Kami Bekerja

Cara Kerja Jaringan 5G
Cara Kerja Jaringan 5G

Pada intinya, jaringan 5G akan meningkatkan cara kalian menjalankan bisnis secara teratur. Pengubah permainan utama adalah itu

5G akan memberikan landasan untuk menjalankan aplikasi seluler yang jauh lebih kompleks, menawarkan sebanyak 10 kali throughput jaringan saat ini. Aplikasi seluler akan memiliki akses real-time ke penyimpanan cloud, memberikan fungsionalitas yang diperluas dan integrasi dengan aset bisnis berharga lainnya.

Perusahaan juga akan dapat mengganti panggilan konferensi dengan konferensi video streaming tanpa jeda audio atau video. Kualitas media yang superior akan memungkinkan organisasi untuk terlibat dengan pelanggan melalui video langsung juga, membuat interaksi lebih pribadi sambil mempromosikan loyalitas merek.

Semua ini bermuara pada karyawan yang menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan mendapatkan kembali waktu kerja yang berharga. Dengan kemajuan 5G, gangguan teknologi berkurang, yang mengarah pada kepuasan kerja yang lebih besar secara keseluruhan.

Kapasitas lalu lintas jaringan 5G yang diperluas menawarkan platform yang sempurna untuk Internet of Things (IoT), seperti mobil yang terhubung dan perangkat yang dapat dikenakan konsumen, dan pada akhirnya dapat mengontrol lampu lalu lintas dan lampu jalan di “kota pintar.” Perusahaan teknologi Ericsson memperkirakan bahwa, dari 29 miliar perangkat terhubung yang akan digunakan dalam lima tahun, 18 miliar di antaranya akan terkait dengan IoT.

Kapan Jaringan 5G Akan Tiba?

Era 5G Tiba
Era 5G Tiba

Pada akhir 2017, spesifikasi resmi yang mendefinisikan jaringan 5G dengan benar harus dirilis. Butuh waktu bagi operator untuk meningkatkan infrastruktur mereka, jadi perkirakan 5G akan diluncurkan secara resmi sekitar tahun 2018 dengan penyebaran luas di Amerika Serikat pada tahun 2019 atau 2020. Pada skala yang lebih besar, 5G akan tersedia untuk sekitar 15 persen populasi dunia pada tahun 2022.

Untuk mengakomodasi konektivitas jaringan 5G, pelanggan perlu membeli perangkat seluler yang kompatibel, seperti peralihan dari 3G ke 4G. Namun, 3G dan 4G tidak akan hilang, dan generasi nirkabel tersebut akan bekerja dengan lancar dengan jaringan 5G.

Apakah perusahaan kalian adalah pengguna awal atau lebih suka melihat bagaimana perusahaan lain berjalan sebelum menerapkan teknologi baru, 5G memiliki tempat di masa depan bisnis kalian. Mulailah merencanakan sekarang untuk tes skala kecil dan akhirnya transisi grosir. Merangkul 5G akan menunjukkan kepada mitra bisnis dan pelanggan kalian bahwa kalian dapat beradaptasi dengan perubahan kebutuhan lingkungan bisnis.

Baca juga artikel menarik lainnya disini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.