Siap Masuk Indonesia, Oppo Reno 8 5G dan Reno 8 5G Pro, Keunggulannya Ada Apa Saja?

Oppo Reno 8 5G & 5G Pro
Oppo Reno 8 5G & 5G Pro

Oppo Reno 8 5G & Reno 8 5G Pro – Membicarakan yang namanya Gadget tidak akan ada habisnya, berbagai macam merk berlomba lomba mengeluarkan produk terbarunya demi bisa memberikan yang terbaik bagi para calon pembelinya. Satu merk ternama yang sudah ada di Indonesia yakni Oppo belum lama ini di Jakarta, Rabu ( 3/8/2022 ) memamerkan dua ponsel terbarunya yang akan segera masuk ke Indonesia, apa saja itu ? kedua ponsel terbaru itu yakni Oppo Reno 8 5G “reguler” dan Oppo Reno 8 5G Pro.

Di dalam acara tersebut, Oppo membocorkan sejumlah fitur fitur unggulan yang hadir di kedua ponsel terbaru itu. Kedua ponsel ini akan dibekali sejumlah peningkatan signifikan dari generasi pendahulunya, khususnya untuk sektor kamera dan desain.

Dalam acara bertajuk “Oppo Reno 8 1st Impression Event”, Bapak Aryo Meidianto selaku PR Manager Oppo Indonesia, menjelaskan bahwa Oppo Reno series ini berfokus pada keunggulan kamera dan dari desainnya. Dan dari sektor fotografi, Oppo Reno 8 5G Pro lebih unggul dari versi regulernya Oppo Reno 8 5G. Kenapa bisa seperti itu, dikarenakan ponsel Oppo ini sudah dibekali oleh chip Neural Processing Unit (NPU) buatan Oppo sendiri yang bernama MariSilicon X.

Bapak Aryo berkata “MariSilicon X, Imaging NPU, chipset yang merupakan inovasi terbesar Oppo pada tahun ini, di mana kami (Oppo) menciptakan sebuah NPU pencitraan khusus, yang memang semuanya dibuat oleh Oppo, dan kami namakan MariSilicon X,”.

Dipercaya akan meningkatkan hasil foto ataupun video dari Oppo Reno 8 5G Pro dengan MariSilicon yang dibuat dengan fabrikasi 6 nm ini. Dalam kondisi minim cahaya terutama saat perangkat digunakan pada malam hari, dengan MariSilicon X ini ponsel dapat mengurangi bintik foto (noise) pada gambar ataupun video yang diambil oleh para penggunanya. Dan juga menurut Pak Aryo, bisa seperti itu karena berkat adanya Artificial Intelligence (AI) Noise Reduction yang diklaim akan mampu meningkatkan untuk kinerja prosesor dalam mengurangi bintik bintik foto.

Chip MariSilicon X ini merupakan Legacy / “warisan” dari ponsel flagship Oppo Find X5 Pro. Nantinya, NPU tersebut bakal dikombinasikan dengan Image Signal Processor (ISP) dan arsitektur multi-tier memory hanya dalam satu chipset saja, tambah Pak Aryo.

Kombinasi dari keduanya tersebut memungkinkan MariSilicon X bisa melakukan pemrosesan sampai dengan 18 triliun operasi per detik (TOPS) yang disertai dengan efisiensi daya mencapai 11,6 TOPS per watt. Penggunaan MariSilicon X dapat menghasilkan kinerja perangkat yang cepat, tanpa harus menguras daya baterai yang besar dalam mempermudah gambaran.

Oppo Reno 8 5G Pro
Oppo Reno 8 5G Pro

Beberapa Fitur unggulan lain yang juga akan dihadirkan oleh Oppo Reno 8 5G Pro

– Fitur Night Portrait

– 4K Ultra Night Video

– 4K Ultra HDR Video

– Turbo RAW

– Autofocus lock di kamera depan (selfie).

Sedangkan, untuk Reno 8 5G “reguler”, fitur yang tersedia tidak jauh berbeda dengan Reno 8 5G Pro di atas, hanya saja ada satu hal kekurangannya yaitu belum bisa merekam gambar di dalam kualitas 4K, dan juga belum memiliki fitur autofocus untuk di kamera depan.

Pilihan warna untuk Reno 8 5G “reguler” nanti akan tersedia dalam dua varian warna, yaitu warna Shimmer Gold dan warna Shimmer Black, sedangkan untuk Oppo Reno 8 5G Pro pilihan warna nya tersedia dalam pilihan warna Glazed Green dan warna Glazed Black. Meskipun untuk rincian spesifikasi Oppo Reno 8 5G series versi Indonesia sampai saat ini masih belum diumumkan, tetapi tidak ada salahnya untuk menilik spesifikasi Reno 8 5G series yang versi global untuk dijadikan bahan perbandingan saja.

Spesifikasi Reno 8 5G series versi global Oppo Reno 8 5G “reguler” dan Oppo Reno 8 5G ” pro”

Untuk spesifikasi Reno 8 5G series versi global Oppo Reno 8 5G “reguler” dan “pro” versi global sudah memiliki dimensi dan bobot yang sama, yaitu masing-masing 160,6 x 73,4 x 7,7 mm (179 gram) dan 161.2 x 74.2 x 7.3 mm (183 gram).

Untuk dari segi layarnya sendiri, keduanya sudah kompak mengusung layar AMOLED. Perbedaannya hanya terletak pada angka refresh rate nya saja. untuk OppoReno 8 5G “reguler” ada di angka 90 Hz dan versi “Pro” ada di angka 120Hz.

Sedangkan untuk bentang layarnya, Oppo Reno 8 5G Pro lebih luas dibandingkan dengan Oppo Reno 8 5G “reguler”. Sebagai perbandingan saja, Oppo Reno 8 5G Pro sudah memiliki layar berdiagonal 6,7 inci, lalu untuk Oppo Reno 8 5G yang reguler hanya memiliki bentang layar seluas 6,4 inci terdapat perbedaan 0,3 inci saja. Lalu untuk dari sektor kamera, pihak Oppo sendiri belum membocorkan untuk spesifikasi kamera yang akan diusung di Oppo Reno 8 5G series versi Indonesia.

Tetapi jika nanti konfigurasi untuk kamera tersebut sama dengan yang versi global, maka keduanya nanti bakal memiliki kamera utama 50 MP, kamera ultra-wide 8 MP, dan kamera makro 2 MP. Dan untuk kamera depan nya adalah 32 MP. Untuk Oppo Reno 8 5G Pro dan Oppo Reno 8 5G reguler versi global sendiri sudah sama-sama mengandalkan chipset besutan dari MediaTek.

Untuk chipset Reno 8 5G “reguler” ditenagai oleh Dimensity 1600 (6nm), sedangkan versi yang “pro” nya mengandalkan Dimensity 8100-Max (5nm). Chipset tersebut akan dipadukan dengan dua varian RAM dan dua varian penyimpanan internal yang berbeda, yaitu yang terdiri dari besar 8GB RAM / 128GB memori dan besar 8GB RAM / 256GB untuk yang versi reguler.

Lalu, besar 8GB RAM / 256GB dan besar 12GB RAM / 256 GB untuk yang “Pro”. Kedua ponsel Reno 8 5G series versi global sudah kompak dengan memiliki kapasitas baterai sebesar 4.500mAh yang sudah didukung dengan fast charging 80 watt. Pengisian daya nya sendiri dapat dilakukan melalui port USB-C yang tersedia.

Kemudian, untuk harganya sendiri, Oppo Reno 8 5G “reguler” versi global yang ada di India, dibanderol dengan harga 39.000 rupee atau dirupiahkan sekitar Rp 7,3 juta, sedangkan untuk Oppo Reno 8 5G Pro dibanderol seharga 46.000 rupee atau sebesar Rp 8,6 juta ( ini untuk versi yang 8GB RAM/256GB ).

Seharusnya setelah adanya acara memamerkan kedua ponsel Oppo terbaru tersebut ke Indonesia, peluncuran Oppo Reno 8 5G series di Tanah Air seharusnya bakal dilakukan tidak lama lagi. Jadi tinggal tunggu saja update berita terbaru nya.

Baca juga berita yang sedang hangat hangat nya mengenai Kominfo di artikel berikut ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.