Pengertian Virtual Memory : Fungsi Dan Tujuan Virtual Memory

Pengertian Virtual Memory scaled

Pengertian Virtual Memory : Fungsi Dan Tujuan Virtual Memory – Secara dasar memory adalah tempat untuk menyimpan data di komputer maupun hp. Dari jenis-jenis memory, ada salah satunya yang sering disebut dengan nama virtual memory. Lalu apa sih pengertian Virtual memory itu? Mungkin selama ini anda hanya mengetahui memory di komputer hanya sebatas RAM saja. Padahal pada kenyataannya ada yang jenis memory lainnya yakni Virtual Memory.

Saat anda menggunakan komputer atau laptop tentu saja yang menjadi salah satu tolak ukur dari spesifikasi laptop maupun komputer itu adalah besaran dari RAM atau memory yang dimiliki. Hal ini karena semakin besar kapasitas RAM tentu saja semakin lancar juga proses yang bisa dilakukan oleh komputer.

Namun yang menjadi masalah adalah untuk bisa mendapatkan komputer atau laptop dengan spesifikasi kapasitas RAM yang besar tersebut dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh sebab itu solusinya adalah dengan memanfaatkan virtual memori.

Pengertian Virtual Memori serta Fungsi dan Tujuan dari Virtual Memory

Pengertian Virtual Memory

Pengertian virtual memori adalah sistem penyimpanan data sementara yang akan disimpan di komponen dari harddisk. Dimana pada sistem operasi WIndows, hal ini juga sering disebut dengan nama paging file.

Dimana dalam penerapannya, bisa membuat kinerja sekaligus performa dari sistem operasi menjadi lebih baik lagi. Hal ini karena virtual memory juga bisa sedikit membantu RAM untuk menangani beban data yang harus ditanggung.

Fungsi Virtual Memory

Setelah anda mengetahui apa sih pengertian Virtual Memory, tentu saja anda langsung berpikir sebenarnya apa sih fungsi dari Virtual Memory tersebut. Nah berikut dibawah ini adalah beberapa fungsi dari Virtual Memory :

  • Virtual memory berguna untuk menangani beban dari RAM yang berlebihan.
  • Menjadi cadangan dari RAM, namun tidak sampai menggantikan 100% fungsi dan juga keberadaan dari RAM. Jadi anda tidak bisa mengandalkan virtual memory.
  • Menyimpan data sementara yang disimpan di RAM, tapi tidak bisa meneruskan data ke prosesor.
  • Menyimpan data yang bersifat sementara.

Tujuan Virtual Memory?

Lalu setelah mengerti dan mengetahui pengertian Virtual Memory, apa sih tujuan dari penerapan virtual memory ini? Tentu saja perlu anda ketahui jika virtual memory ini bertujuan untuk membuat file khusus yang sering disebut dengan nama swap file.

Dimana memori virtual ini akan digunakan saat sistem operasi berada dalam kondisi sedang kehabisan memori. Sistem operasi akan bertugas untuk memindahkan data yang paling akhir diakses ke dalam hard disk. Hal itu tentu saja akan memberikan beberapa ruang kosong di memory agar bisa digunakan untuk menjalankan perintah dari aplikasi berikutnya.

Sistem operasi nantinya akan terus melakukan penyimpanan data sementara tersebut ketika ada data baru yang dimasukkan ke RAM. Saat data yang terdapat di swap file dibutuhkan oleh komputer, maka data tersebut akan ditukar lagi dengan data terakhir yang sudah diproses atau digunakan pada RAM.

Hal ini juga lah yang membuat swap file mempunyai karakteristik yang sama seperti RAM, walaupun memang programnya tidak dapat langsung dijalankan lewat swapfile.

Sebab, perlu anda ingat jika program ini tidak bisa langsung dibuka melalui swap file, tentu saja kemungkinan besar akan ada beberapa program yang memang tidak akan bisa berjalan walaupun anda sudah membuat virtual memory dengan berukuran besar.

Nah itulah pengertian virtual memory dan juga fungsi serta tujuannya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *