Apa Itu Podcast Video | Podcast Video Youtube 2022

Podcast Video

Bagaimana Podcast Video Berbeda dengan Podcast Audio – Podcast video adalah rekaman video saat merekam podcast berbasis audio. Podcast populer yang telah menyalakan kamera mereka telah memberikan tampilan di balik layar pada percakapan tersebut. Video sesi audio ini telah menyesatkan banyak orang untuk percaya bahwa video itu sendiri adalah podcast, bukan sekadar video sesi rekaman podcast. Sebagian besar podcast video, atau “podcast”, adalah video sesi perekaman audio.

Video dapat digunakan untuk mempromosikan podcast audio atau berfungsi sebagai konten tayangan video itu sendiri.

Podcast adalah media “audio first”, artinya kualitas audio adalah yang paling penting. Audio ini didorong ke direktori oleh umpan RSS dan kemudian didistribusikan ke perangkat pelanggan acara podcast melalui platform mendengarkan seperti Apple Podcast dan Spotify. Saat ini, banyak podcaster merekam video sesi rekaman audio mereka dan mempostingnya ke YouTube. Hal ini menyebabkan definisi podcasting berubah.

Podcast
Podcast

Untuk memahami konsep podcast video vs podcast audio, pertama-tama kalian perlu memahami perbedaan keduanya. Secara tradisional, podcast adalah konten yang mengutamakan audio. Banyak pembuat konten menyalakan kamera mereka dan merekam sesi podcast mereka. Video podcast ini kemudian dapat diposting ke YouTube atau situs web kalian. Kami menggunakan istilah “audio-first” karena menangkap kualitas audio adalah prioritas utama.

Ada banyak kebingungan tentang apa yang disebut podcast video. Secara tradisional, podcast hanya audio dan didistribusikan oleh umpan RSS. Ini memungkinkan platform berlangganan seperti Apple Podcast dan Spotify untuk secara otomatis memperbarui perangkat kalian dengan versi terbaru meskipun kalian sedang offline. kalian dapat berlangganan atau mengikuti acara untuk menyimpan dan mendapatkan pemberitahuan tentang episode baru.

Ada upaya bertahun-tahun yang lalu untuk mendistribusikan video dengan cara ini, tetapi bahkan Apple menyerah pada metode ini karena adopsi yang rendah. Ketika para pemeran Video On Demand ini memiliki keberadaan singkat mereka, istilah VODcast muncul. Istilah vodcast memudar seperti halnya konsep umpan video RSS.

Podcast audio untuk konsumsi pasif; artinya kalian tidak perlu menghentikan apa yang kalian lakukan untuk memperhatikan kontennya. Popularitas konten audio saja tumbuh karena alasan ini.

Karena popularitas video YouTube yang menampilkan wawancara podcast, penggunaan istilah ‘video podcast’ menjadi umum – apakah itu benar atau tidak. Seorang puritan podcast tidak akan pernah menyebut video podcast sebagai ‘podcast’ tidak lebih dari menyebut video seseorang bermain sepak bola sebagai ‘sepak bola’. Ini adalah video aktivitas, bukan aktivitas.

Nama paling akurat untuk format konten ini adalah Video Podcast atau podcast video. Ini menjelaskan jenis video yang kalian tonton. Sebuah video dari sesi rekaman audio. Misalnya, kalian akan mengatakan – “tonton podcast video Deddy Corbuzier Podcast di YouTube. Di sana kalian dapat melihat salah satu contoh dari podcast video.”

Podcast Video Youtube

Podcast Video Youtube
Podcast Video Youtube

Haruskah kita mengunggah Podcast video kita ke YouTube ? Ya, kenapa tidak, tetapi hanya jika kalian meluangkan waktu untuk menjadikannya video yang menarik. Dan yang lebih penting, kalian perlu merekam podcast kalian dengan mempertimbangkan video. Video seharusnya tidak menjadi pemikiran setelahnya.

Dengan YouTube menjadi mesin pencari terbesar kedua, peluang untuk ditemukan di YouTube tidak dapat diabaikan. Podcaster terus menyadari bahwa memposting di YouTube memberi mereka akses ke sejumlah besar pemirsa yang lebih suka menonton video daripada hanya mendengarkan. Banyak pemirsa akan menjadi pendengar dan pengikut podcast audio. Sementara pemirsa lain akan kembali untuk melihat lebih banyak video podcast kalian.

Meskipun YouTube adalah platform yang berfokus pada video, pemirsa semakin banyak yang datang ke YouTube untuk podcast. Sebuah survei terhadap orang dewasa Kanada menemukan bahwa 43 persen pemirsa “mengunjungi YouTube untuk podcast tahun lalu”. Penelitian ini sesuai dengan penelitian dari NAB Podcast Users National Survey Report yang menempatkan YouTube di depan Apple dan Spotify sebagai platform untuk penemuan dan konsumsi podcast. Perlu diingat bahwa ini sedikit membengkokkan definisi podcasting, tetapi konsumen tidak peduli apa yang kalian sebut itu.

Namun, memposting video membosankan dari sesi perekaman audio saja tidak cukup. Minimal, video harus diedit untuk penonton video dan harus menunjukkan kepribadian yang menarik perhatian secara langsung. Rentang perhatian pemirsa YouTube jauh lebih pendek daripada mereka yang mendengarkan podcast audio. Podcast audio dapat mempertahankan perhatian selama 30 menit hingga lebih dari satu jam. Video YouTube berjuang untuk mempertahankan perhatian lebih dari lima menit kecuali jika diedit dengan mempertimbangkan penonton video.

1. Untuk membuat video podcast lebih efektif di YouTube :

Peralatan Podcast Video
Peralatan Podcast Video
  • Gunakan video yang diambil dengan webcam HD, kamera DSLR, atau lebih baik
  • Bertujuan untuk menciptakan pencahayaan yang baik
  • Tunjukkan wajah dan ekspresi untuk melibatkan pemirsa
  • Isi layar dengan orang dan dekorasi, bukan teks dan bingkai grafis
  • Jelaskan nilai video dalam beberapa detik pertama
  • Edit bagian yang lambat dan percakapan bernilai rendah
  • Hindari video panggilan konferensi yang diambil melalui Zoom atau Skype – video terkompresi akan semakin terdegradasi saat diunggah ke YouTube

2. Peralatan tambahan apa yang kalian butuhkan untuk video ?

Podcasting video terbagi dalam dua kategori yang menentukan peralatan yang dibutuhkan :

  • Talking Head
  • Pertunjukan di Studio langsung / In Studio Podcast Show
Talking Head Podcast
Talking Head Podcast

Keuntungan terbesar dari video “Talking Head” adalah dapat dengan mudah diproduksi dari jarak jauh. Tuan rumah dan tamu tidak harus berada di lokasi yang sama dan bahkan produsernya bisa jauh. Metode ini membutuhkan peralatan kamera yang lebih murah dan dapat dicapai dengan sedikit persyaratan teknis.

Video podcast adalah saat video dari setiap host diambil di kamera masing-masing. Kamera ini biasanya berupa webcam yang terpasang ke komputer mereka atau pada tripod di dekatnya.

Dengan metode ini, satu sudut kamera video ditangkap melalui perangkat yang sama dengan audio. Dengan setiap orang yang ditangkap dengan kamera mereka sendiri, video “Talking Head” dapat dibuat dengan menempatkan video-video ini secara berdampingan; layar penuh atau di dalam bingkai video bermerk.

Metode ini bekerja paling baik untuk perekaman jarak jauh, membutuhkan peralatan kamera yang lebih murah, dan dapat dicapai dengan sedikit persyaratan teknis.

Di Acara Podcast Studio pertunjukan, video orang-orang yang membuat podcast sama sekali berbeda dari sekadar merekam video bersama dengan audio selama sesi podcast. Item yang membuat format ini paling berbeda adalah :

  • Beberapa host di satu lokasi
  • Kualitas video lebih tinggi
  • Beberapa sudut kamera
  • Pengeditan video pasca produksi yang lebih canggih

Metode ini didekati sebagai video talk show. Bedanya, set untuk talk show adalah studio podcast.

In Studio Podcast Show
In Studio Podcast Show

Meskipun ini dapat dilakukan dengan webcam seperti contoh Video Podcast di atas, sebagian besar pertunjukan dilakukan dengan kamera video kelas atas atau DSLR yang merekam video untuk pascaproduksi nanti. Video berkualitas tinggi ini dapat diedit untuk berbagai sudut termasuk sudut lebar untuk menampilkan seluruh ruangan atau beberapa host sekaligus.

Ini adalah gaya yang dipopulerkan oleh podcast terkenal di luar negeri seperti acara podcast Joe Rogan, namun, pada dasarnya ini adalah hal yang sama yang dilakukan radio tradisional untuk acara seperti Howard Stern selama bertahun-tahun. Secara kebetulan, tidak ada yang menyebut acara TV Howard Stern sebagai “radio”, karena itu adalah acara TV ‘dari radio.’ Sama seperti acara video podcaster adalah acara ‘dari podcast.’

Meskipun ini dapat dilakukan dengan webcam seperti Podcast Video di atas, sebagian besar pertunjukan dilakukan dengan kamera video kelas atas atau DSLR yang merekam video untuk pascaproduksi nanti. Video berkualitas tinggi ini dapat diedit untuk berbagai sudut termasuk sudut lebar untuk menampilkan seluruh ruangan atau beberapa host sekaligus.

Kalian hanya perlu memutuskan seberapa jauh kalian ingin melangkah jika kalian menambahkan video ke konten podcast video kalian. kalian dapat mulai merekam potongan video untuk konten promosi, kalian dapat merekam video lengkap host dan tamu kalian dari jarak jauh, atau kalian dapat menyiapkan studio lengkap untuk membuat video seperti acara TV dari sesi rekaman podcast kalian.

Baca juga artikel menarik lainnya untuk kalian semua disini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.