4 Rekomendasi USB WiFi Adapter dengan Harganya

Rekomendasi USB WiFi Adapter

Rekomendasi USB WiFi Adapter – Memasang USB WiFi adapter untuk kebutuhan tugas atau kerja di rumah terdapat beberapa macam yang bisa anda gunakan. Jika Anda bingung kami memberikan rekomendasi USB WiFi adapter terkait 2021 dengan harganya.

Apa Itu USB WiFi Adapter

USB adapter atau bisa anda sebut sebagai wireless LAN Adapter merupakan perangkat seperti USB flashdisk yang berfungsi sebagai koneksi WiFi di perangkat komputer maupun laptop.

Tujuan penggunaan USB WiFi adapter adalah sebagai pengganti jika WiFi card pada komputer maupun laptop Anda rusak. Jadi alternatifnya adalah menggunakan USB WiFi adapter.

Ada banyak produk USB di WiFi adapter yang bisa anda pakai di rumah untuk kebutuhan kerja maupun tugas. Apa sajakah daftar rekomendasi USB untuk WiFi?

Rekomendasi USB WiFi Adapter

Kami berikan daftar rekomendasi USB WiFi ini untuk Anda yang kebingungan memilih  USB WiFi Adapter mana yang tepat untuk kebutuhan anda.

Berikut adalah rekomendasi USB WiFi Adapter Terbaik 2021 :

Rekomendasi USB WiFi Adapter Pertama adalah TP-Link CPE 220

USB WiFi adapter TP-Link CPE 220 sangat cocok untuk luar ruangan dan produk ini berasal dari seri pharos tp-link. Untuk harga CPE 220 yang beredar di marketplace Indonesia sekitar Rp400 ribuan.

TP-Link CPE 220 mampu memberikan garansi resmi 2 tahun. USB adapter ini memiliki band 2.4GHz dengan kecepatan 300Mbps. Optimasi untuk transmisi wireless dengan jarak jauh sampai 13 km.

TP-Link CPE 220 mendukung mode AP, Client, Bridge, Repeater, AP Router dan AP Client Router (WISP).

Cara Pemasangan dan Instalasi USB WiFi Adapter CPE 220

Sebagai informasi tambahan jika anda ingin tahu bagaimana cara menyambungkan dan instalasi USB dari CPE 220 akan kami jelaskan berikut ini  :

  • Cara pertama adalah menyambungkan dengan adaptor daya.
  • Sejajarkan arah orientasi dari jaringan yang ingin anda jangkau.
  • Untuk pemasangan adaptor daya pastikan adapter PoE pasif sudah terpasang dengan port ethernet yang menghadap ke atas.
  • Silakan bor dua lubang di dinding sesuai posisi pemasangan adapter Anda kemudian masukkan jangkar dinding plastik ke dalam lubang.
  • Pastikan pemasangan sudah kencang dengan bahu di sudut braket pemasangan berada di luar serta mengarah ke atas.
  • Silahkan pasang adaptor PoE pasif ke berangkat kemudian silahkan geser adaptor searah panah sampai terkunci di tempatnya.
  • Selesai

Jika perangkat keras sudah terpasang dengan benar langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi melalui software atau aplikasi bawaan.

Cara Konfigurasi Software

Agar konfigurasi software untuk USB adapter CPE 220 bisa berjalan dengan lancar silakan ikuti langkahnya sebagai berikut :

  • Sebelum masuk ke konfigurasi software silahkan atur atau ubah IP statis komputer anda dengan IP statis 192.168.0.X (X berkisar antara 2 dan 253, misalnya 192.168.0.10) ke komputer Anda.
  • Langkah selanjutnya silahkan buka aplikasi browser anda seperti Google chrome, safari dan edge dengan alamat http://192.168.0.254 ke kolom URL yang ada.
  • Silakan masuk ke menu admin dengan menginput nama pengguna dan kata sandi.
  • Kemudian klik setuju untuk syarat penggunaan bagian kulit masuk.
  • Langkah terakhir adalah mengubah nama pengguna dan kata sandi default yang aman menurut anda untuk melindungi CPE 220.
  • Selesai

Jika anda ingin melakukan konfigurasi lebih lanjut silahkan kunjungi link berikut https://www.tp-link.com/support. Anda juga bisa mendownload panduannya melalui link yang tertera.

Cara Konfigurasi dengan Aplikasi Khusus

Saat anda sudah berhasil masuk dan mengakses sebagai admin ke software langkah selanjutnya adalah cara mengkonfigurasi dengan aplikasi khusus.

Berikut adalah cara konfigurasi CPE 220 Titik Akses (AP) menggunakan aplikasi khusus :

  1. Pertama silahkan masuk ke laman pharOS dengan alamat IP di atas.
  2. Masuk ke mode operasi dengan memilih access point untuk mengubah pengaturan access point dan jika sudah silahkan klik berikutnya.
  3. Anda bisa mengatur LAN sesuai peraturan yang ada jika sudah klik berikutnya.
  4. Anda bisa memilih WPA-PSK / WPA2-PSK untuk mengatur keamanan dan membuat kata sandi.
  5. Silakan memasukkan jarak antara access point dengan client ke menu bidang pengaturan jarak.
  6. Jika anda merasa sudah benar dan selesai untuk mengkonfigurasi yaspi WiFi adapter CPE 220 berarti sudah selesai dan klik simpan.
  7. Selesai

Selain anda melakukan konfigurasi titik akses untuk USB WiFi adapter dengan CPE220, langkah selanjutnya yaitu mengkonfigurasi untuk layang.

Konfigurasikan untuk Klien

  1. Tahap pertama silakan masuk ke halaman web pharOS melalui browser dengan link http://192.168.0.254.
  2. Silakan pilih operasi untuk klien kemudian klik berikutnya.
  3. Untuk pengaturan lah silahkan ubah menjadi alamat IP 192.168.0.X (X berkisar antara 2 dan 253), subnet yang sama dengan Access Point, dan klik Berikutnya.
  4. Pengaturan layar nirkabel silakan klik survei dan pilih SSID dalam daftar AP lalu klik hubungkan.
  5. Silahkan pilih WPA-PSK / WPA2-PSK dari opsi Keamanan.
  6. Masakan kata sandi PSK yang sama dengan nilai jarak AP kemudian klik berikutnya.
  7. Verifikasi pengaturan anda dan klik selesai.

Anda juga bisa mengkonfigurasi lebih lanjut dan jika Anda bingung silahkan kunjungi link https://www.tp-link.com/support.

Netgear Nighthawk A7000 AC 1900

Harga untuk USB WiFi adaptor ini sekitar Rp 1,8 jutaan yang terbilang paling mahal karena produk adalah produk terbaik untuk 2021. WiFi adapter Netgear Nighthawk A7000 sangat cocok untuk anda dengan kecepatan yang cepat dan stabil terutama untuk pemain game online.

Produk ini mendukung dual band dengan band pertama 5GHz jadi kecepatan internet hingga 1.300 Mbps. Kekuatan band kedua adalah 2.4GHz dengan kecepatan maksimal 600 Mbps.

Netgear Nighthawk A7000 mendukung USB 3.0 untuk mengatasi bottleneck kecepatan dan Anda juga masih bisa menggunakan USB 2.0.

TP-Link Archer T2U Plus

Harga TP-Link Archer T2U Plus sekitar Rp 200 ribuan sehingga sangat cocok untuk anda dengan kebutuhan tugas sekolah. Selain itu Anda juga bisa menggunakan untuk kebutuhan sehari-hari yang sederhana seperti browsing, kegiatan sosial media dan tugas sekolah. Harga USB WiFi adapter ini jauh lebih murah dengan di atas.

TP-Link Archer T2U Plus mendukung teknologi AC600 yang artinya untuk band 2.4 GHz dengan kecepatan 200 Mbps dan di band 5 GHz dengan kecepatan 433MBps.

TP-Link Archer T4U

Harga TP-Link Archer T4U sekitar Rp 350 ribuan yang memang sudah mendukung ac1200. USB WiFi adapter memiliki kecepatan 400 mbps di 2.4 GHz dan memiliki kecepatan 867 mbps di 5GHz

Jadi TP-Link Archer T4U sedikit lebih bagus daripada TP-Link Archer T2U Plus karena memiliki harga yang sedikit lebih mahal. Untuk USB adapter ini juga mendukung teknologi WiFi 802.11 AC.

TP-Link Nano TL-WN 725N

Rekomendasi USB WiFi Adapter selanjutnya adalah TP-Link Nano TL-WN725N karena memiliki harga sekitar Rp 90 ribuan. TP-Link Nano TL-WN725N memiliki bentuk fisik yang kecil layaknya flashdisk.

TP-Link Nank TL-WN 725N ini memiliki konektivitas WiFi 802.11 AC yang mana bisa mendapatkan kecepatan jaringan hingga 1,4 Gbps.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *