Cek 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A52

Samsung Galaxy A52

Samsung Galaxy A52 – Siapa sih yang tidak mengenal brand handphone satu ini, Samsung merupakan sebuah perusahaan handphone terbesar di dunia yang memiliki banyak sekali peminatnya. Di Indonesia sendiri brand Samsung menjadi salah satu pilihan banyak orang, Samsung Galaxy A52 memulai debutnya dalam mewarnai pasaran handphone nusantara dimulai pada tanggal 17 maret 2021. Penerus dari samsung Galaxy A51 ini menjanjikan banyak sekali peningkatan yang membuatnya layak untuk kalian coba.

Salah satunya kelebihan yang dimilikinya adalah sertifikasi tahan air dan debu IP67. Fitur ini cukup membuat handphone Samsung Galaxy A52 istimewa. Sebab tidak banyak smartphone kelas menengah yang menggunakan atau memiliki sertifikasi IP67. Ponsel satu ini tentu saja masih banyak menyimpan banyak hal menarik yang bisa kalian temukan pada pembahasan di bawah ini.

Bacaan Lainnya

Nah, Jika kalian penasaran dengan smartphone satu ini pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai 10 kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Samsung Galaxy A52 yang wajib kalian ketahui sebelum membelinya.

Samsung Galaxy A52

 

Spesifikasi Samsung Galaxy A52

Layar : Super AMOLED 6.5 Inc
Chipset : Qualcomm Snapdragon 720G
RAM : 8 GB
Internal Memori : 128 GB , 256 GB
Kamera : 64 MP ( Wide ), 12 MP ( Ultrawide ), 5 MP ( Macro ), 5 MP ( Depth )
Baterai : Li-po 4.500 mAh
Harga : Rp 4.999.000

Kelebihan Samsung Galaxy A52

Terdapat beberapa kelebihan yang bisa kalian temukan dalam smartphone Samsung Galaxy A52 ini. Jika kalian penasaran kelebihan apa saja yang bisa kalian dapatkan simak pembahasan di bawah ini:

Samsung Galaxy A52

  • Desain Segar

Samsung Galaxy A52 telah menerapkan pendekatan yang berbeda pada saat merancang desain smartphone A52. Tidak seperti tipe sebelumnya yang penutup belakangnya bermotif prisma, punggung tipe sebelumnya tampil minimalis dan trendi. Tidak terdapat corak apa pun selain logo perusahaan yang ditampilkan.

Lensa kamera yang ada di dalam modulnya juga tersusun dengan sangat rapi yang membentuk segitiga tumpul. Modul yang digunakan juga sedikit menonjol seperti pendahulunya, tetapi yang membedakan warna yang kini ditampilkan sangat selaras dengan body yang dimiliki.

Pemilihan material polikarbonat di bagian body mungkin tidak keren bagi sebagian orang. Akan tetapi, bahan yang gunakan ini memiliki durabilitas yang lebih baik dibandingkan dengan kaca. Polesan Matte pun mengaburkan kesan murahan. Polesan ini tentunya tidak sembarangan dipilih. Sebab, Matte sendiri dapat menghindari ponsel dari bercan sentuhan tangan atau Finger Print. Hal ini tidak hadir pada Galaxy A51 dimana penutup belakangnya Glossy.

Samsung Galaxy A52

  • Tampilan Menyakinkan

Tampilan layar juga jadi atensi berarti buat ponsel ini. Di atas kertas, layar Samsung Galaxy A52 memanglah bagus. Sebabnya sebab panel Luar biasa AMOLED Full HD+ yang dipakai menunjang laju penyegaran 90 Hz( adaptif), serta memiliki touch sampling rate 180 Hz.

Tetapi, bagaimana dengan pengalaman yang dapat diberikan? Bagi Abhijeet Meter. dari Sam Mobile layar 6, 5 inci di ponsel ini tidak semacam layar 90 Hz di ponsel kelas menengah lain. Kata ia, rasanya semacam layar di ponsel flagship Samsung yang dapat menunjukkan foto lembut.

Animasi serta scrolling dapat berjalan mudah. Mungkin besar ini sebab andil dari chipset Snapdragon 720G. Walaupun begitu, tidak tiap aplikasi dapat dijalankan dengan refresh rate 90 Hz. Karena, sebab sifatnya yang adaptif( 40- 90 Hz), ponsel akan memilah mana kegiatan yang perlu laju penyegaran besar, serta mana yang tidak.

Samsung Galaxy A52

  • Performa Samsung Galaxy A52

Bukan suatu rahasia kalau chipset Exynos masih kalah dari Snapdragon dalam urusan pengolahan grafik. Seperti itu kenapa Samsung berupaya bekerjasama dengan AMD per 2021 buat merancang GPU yang powerful.

Dapat jadi, alibi ini yang mendasari Samsung bergeser ke Snapdragon 720G buat Samsung Galaxy A52. Selaku data, chipset ini terdiri atas 2 core kencang Kryo 465 Gold( 2, 3 GHz) serta 6 core hemat energi Kryo 465 Silver( 1, 8 GHz). Terdapat juga GPU Adreno 618( 750 MHz). Sepenuhnya dibungkus jadi satu dengan fabrikasi 8 nm.

juga berupaya menguji seberapa kencang chipset ini dalam mendesak performa ponsel ini, dengan sebagian aplikasi benchmark sintetis. Samsung Galaxy A52 yang mereka uji merupakan varian memori internal 256 GB dengan RAM 8 GB.

Buat Antutu 8, skor yang sanggup diraih ponsel ini merupakan 261. 282. Sebaliknya Geekbench 5 menciptakan skor single core 525 serta multi core 1577. Hasil ini menampilkan kalau Samsung Galaxy A52 sukses mengungguli saudara- saudaranya yang mengenakan Exynos, tercantum kakak kandungnya, Galaxy A51( Exynos 9611).

Baca Juga : Cara Memilih Hp Realme yang Baik dan Benar 2022

Samsung Galaxy A52

  • Baterai Jempolan

Dimensi baterai 5000 mAh yang dikandung Samsung Galaxy A52 bertambah 500 mAh dari Galaxy A51. Walaupun begitu, sebagian orang bisa jadi akan ragu dengan ketahanannya mengingat ponsel ini dibekali layar dengan laju penyegaran 90 Hz. Nyatanya keraguan itu salah besar bila merujuk uji yang dicoba .

Dalam fashion 90 Hz, Samsung Galaxy A52 dapat dipakai telepon( 3G) 36 jam 40 menit dalam sekali cas. Jika dipakai buat internetan via WIFi tembus 14 jam 37 menit. Sebaliknya 14 jam 2 menit merupakan energi tahannya bila digunakan memutar video offline. Endurance rating- nya juga menggapai 105 jam.

Nilai endurance rating itu cuma selisih sedikit dari realme 7 Pro( 113 jam) yang mengenakan chipset sama. Sementara itu realme 7 Pro belum menunjang laju penyegaran 90 Hz. Ada pula saat disetel ke 60 Hz, Samsung Galaxy A52 mencatatkan waktu gunakan sedikit lebih baik.

Ialah 36 jam 40 menit buat telepon di jaringan 3G, 14 jam 54 menit buat browsing, serta 15 jam 38 menit saat dipakai menyaksikan video. Endurance rating- nya bertambah ke angka 108 jam.

Samsung Galaxy A52

  • Speaker Bagus

Samsung Galaxy A52 memiliki 2 speaker stereo. Satu terletak di grill dasar, sebaliknya yang lain terletak di atas menyatu dengan earpiece. , Preslav Kateliev, serta Abhijeet Meter setuju berkata kalau keluaran suara speaker- nya bagus.

Speaker ponsel ini memanglah bukan yang sangat lantang serta sangat bersih. Tetapi, dia dapat melampaui speaker- speaker yang terdapat di banyak ponsel kelas menengah. Dalam fashion default serta equalizer wajar, kelantangannya menggapai- 27 LUFS yang maksudnya bagus.

Kelantangannya di volume optimal sedikit turun ke- 29. 3 LUFS kala fitur Dolby Atmos dinyalakan. Kelantangan memanglah bertambah bila Dolby Atmos dimatikan. Namun suara yang bagus pasti bukan semata- mata lantang.

Elemen semacam keahlian meninggikan ataupun merendahkan suara( rentang dinamika) merupakan perihal yang dapat ditawarkan oleh Dolby Atmos. Perihal itu berarti dalam tingkatkan pengalaman kala lagi mendengar lagu ataupun menyaksikan film.

Samsung Galaxy A52

  • Kamera Oke

Apa yang berbeda dari kamera Samsung Galaxy A52 dengan kamera ponsel kelas menengah yang lain? Benar, OIS merupakan pembedanya. Penstabil foto berbasis optik ini memanglah susah ditemui di ponsel midrange. Gunanya jelas buat meminimalkan blur akibat guncangan, baik saat membidik foto ataupun merekam video.

Tetapi, saat sebelum memandang semacam apa akibat yang dapat diberikan OIS, ayo kita lihat terlebih dulu apa yang dapat ditawarkan oleh kamera ponsel ini. Awal dari kamera utamanya yang beresolusi 64 MP dengan bukaan f/1.8 Secara default, kamera ini menciptakan foto 16 MP. Dengan tata cara 4- in- 1 binning pixel, resolusi 64 MP dapat terbuat.

Foto yang dihasilkan kamera utama Galaxy A52 memiliki perinci yang baik. Dynamic range- nya luas serta rupanya alami. Cuma saja, bagi Preslav Katelieva, algoritma aplikasi yang disematkan kadang- kadang sedikit kelewatan dalam membetulkan ketajaman foto. Ada pula, bagi Tushar Mehta, fashion 64 MP dapat memancarkan warna yang lebih alami dibanding fashion 16 MP.

Cuma saja, ponsel perlu 3- 5 detik buat memproses foto hingga jadi. Shutter- nya juga jadi agak lama. Nah, disinilah OIS berfungsi dalam mengatasi guncangan dari tangan pembidik foto. Perihal menarik berikutnya merupakan, keahlian gambar malam harinya lumayan keren.

Artikel Terkait : HP Gaming Murah Terbaik di Tahun 2022

Kekurangan Samsung Galaxy A52

Tidak akan pernah ada produk smartphone yang sempurna di dunia ini. Pasti akan ada saja kekurangan yang dimilikinya. Akan tetapi, hal tersebut mungkin adalah hal yang bisa kalian maklumi. Beberapa poin di bawah ini merupakan alasan mengapa Samsung Galaxy A52 tidak sempurna.

Samsung Galaxy A52

  • Inkonsistensi Warna Gambar

Hasil foto Galaxy A52 memanglah di atas rata- rata HP kelas menengah. Tetapi, bagi, konsistensi rupanya butuh ditingkatkan. Paling utama buat kamera utama serta kamera ultrawide. Permasalahan sama juga terjalin pada kamera depan yang kadangkala menunjukkan warna kulit berbeda walaupun orang yang difoto sama.

Tetapi, fitur Auto HDR serta Scene Optimizer dapat menanggulangi perihal itu. Satu permasalahan lagi terpaut kameranya merupakan kemunculan noise yang lumayan banyak saat merekam video dengan kamera utama serta ultrawide. Spesialnya dalam resolusi 1080p. Noise dapat menurun dalam resolusi 4K.

Samsung Galaxy A52

  • Build Quality serta Ketebalan

Tushar Mehta berkata kalau penutup balik Galaxy A52 kurang kuat serta mantap dibandingkan pendahulunya. Sementara itu, cover kedua ponsel bersama dirancang dengan material plastik polikarbonat.

Satu perihal lagi yang kurang disukai dari ponsel ini merupakan ketebalannya yang membesar 0, 5 milimeter dari Galaxy A51( 7, 9 milimeter). Bagi Mehta, perihal ini akan membuat tangan terasa tidak aman saat menggam ponsel sangat lama, paling utama saat lagi menghubungi orang. Ketebalan yang meningkat bisa dipahami sebab kapasitas baterai ponsel ini juga bertambah, dari 4500 mAh jadi 5000 mAh.

Samsung Galaxy A52

  • Adaptor Kurang Oke

OneUI 3.1 serta Snapdragon 720G berfungsi besar dalam manajemen energi Samsung Galaxy A52 yang baik. Sebab 2 komponen itu, kemampuan baterai 5000 mAh ponsel ini jadi tidak mubazir. Sayang sekali, adaptor yang disertakan secara global, tercantum di Indonesia, merupakan 15 Watt.

Sementara itu Galaxy A52 dibekali dengan teknologi pengisian energi 25 Watt. Gara- gara itu kecepatan pengisian HP ini jadi agak lelet. Saat dicoba buat ngecas sepanjang 30 menit, adaptor 15W hanya dapat mengisi baterai hingga 34 persen. Kalah jauh dari adaptor 25 W yang dapat hingga 52 persen.

Skenario pengecasan hingga penuh terus menjadi memperlebar jarak. Adaptor 15W perlu waktu 2 jam 3 menit, sebaliknya adaptor 25 W hanya butuh waktu 1 jam 30 menit. Sebab itu, Kamu yang perlu kecepatan dalam mengecas baterai mesti berinvestasi lebih dengan membeli adaptor mumpuni.

Samsung Galaxy A52

  • Chipset yang Biasa Saja

Snapdragon 720G memanglah bukan chipset kelas menengah sangat kencang di muka bumi. Dia masih kalah dari sebagian chipset di kelas seragam, semacam Snapdragon 765 serta 750 yang skor Antutu- nya terdapat di angka 300 ribuan.

Preslav Kateliev juga tidak heran bila kadang- kadang ponsel ini melambat. Tetapi, baginya, Galaxy A52 terasa jauh lebih responsif dibanding A51. Performanya juga masih dapat diterima. Demikian pembahasan menimpa kelebihan serta kekurangan Samsung Galaxy A52. Kedatangan ponsel ini seakan mempertegas standar baru dari suatu smartphone kelas menengah yang tidak cuma berdesain menawan, tetapi juga mumpuni di banyak perihal.

Kedatangan ponsel dengan harga Rp5 jutaan ini juga membuat fitur elegan semacam sertifikasi IP67 serta OIS jadi lebih merakyat. Walaupun begitu, jika dilihat dari kacamata keahlian gaming, jelas ponsel ini masih kurang. Cuma saja, tidak banyak pesaing di kisaran harga seragam yang betul- betul dapat melampaui performa Galaxy A52.

Para pesaing semacam realme 8 Pro, OPPO Reno 5, serta vivo V20 terletak di rentang harga seragam. Tetapi, sebab bersama mengenakan Snapdragon 720G, performa ketiganya dapat jadi 11- 12 dengan Galaxy A52. Bila Kamu mengejar performa, Xiaomi Mi 10T dapat dilirik. Harga ponsel dengan chipset Snapdragon 865 ini telah turun ke kisaran Rp 5 jutaan buat varian memori 128/ 8 GB.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *