Solusi Cara Mengatasi Komputer Lelet Dengan Mudah

Cara Mengatasi Komputer Lelet Mudah

Cara Mengatasi Komputer LeletMemiliki komputer yang lelet tentu saja menjadi salah satu permasalahan yang harus bisa kita perbaiki.

Sebab tentu saja komputer yang lelet akan sangat menjengkelkan, apalagi jika kita adalah orang yang sering berhadapan dengan layar monitor. Lalu bagaimana sih cara mengatasi komputer lelet?

Apakah kita harus membawanya ke tempat service komputer? Tentu saja tidak, asalkan anda mengetahui bagaimana cara mengatasi komputer lelet, anda tidak perlu lagi repot-repot membawa komputer ke tempat service.

Solusi Cara Mengatasi Komputer Lelet Tanpa Dibawa Ke Tempat Service

Cara Mengatasi Komputer Lelet
Sumber Gambar : unsplash.com

Di era pandemi seperti ini kebutuhan komputer tentu saja sangat dibutuhkan, terutama untuk anda yang bekerja di instansi pemerintahan, bekerja di kantoran atau sebagai mahasiswa. Oleh sebab itu komputer yang lelet tentu saja menjadi masalah yang harus bisa segera anda selesaikan.

Nah berikut dibawah ini adalah beberapa cara mengatasi komputer lelet tanpa dibawa ke tempat service.

1. Matikan Program Yang Tidak Penting Saat Startup

Saat pertama kali komputer dinyalakan, terdapat beberapa program atau aplikasi yang secara otomatis akan berjalan ketika dinyalakan.

Nah program ini sering disebut dengan istilah startup application. Jika terlalu banyak program berjalan saat startup, tentu saja komputer akan terasa berat dan lelet.

Oleh sebab itu anda harus bisa mematikan program tidak penting ketika sedang startup komputer.

Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi Startup Application Configurator untuk mematikan atau mengontrol program apa yang ingin anda matikan di startup.

2. Bersihkan Komputer (Clean Up)

Kemungkinan penyebab dari komputer lelet adalah karena komponen di dalam casing atau CPU yang kotor.

Oleh sebab itu anda harus membersihkan komputer atau clean up secara berkala, terutama pada bagian kipas atau saluran ventilasi dari komputer.

Karena jika saluran ventilasi berdebu, udara panas yang berasal dari dalam komputer tidak akan bisa keluar sehingga membuat komputer menjadi lelet.

3. Jangan Menggunakan Aero Theme

Menggunakan Aero Theme tentu saja sangat menarik, fitur ini baru hadir dan ada pada sistem operasi Windows 7.

Namun walaupun fitur ini sangat menarik, penggunaan Aero Theme bisa berdampak terhadap kemampuan komputer yang dipaksa harus bekerja lebih ekstra, sehingga akibatnya komputer akan menjadi lelet.

Oleh sebab itu cara mengatasi komputer lelet adalah dengan jangan menggunakan Aero Theme.

4. Melakukan Defrag Pada Harddisk

Penyebab dari komputer lelet berikutnya adalah karena data di hardisk yang tersimpan secara acak.

Hal ini tentu saja bisa berdampak terhadap proses pengolahan data di komputer yang akan melambat karena harus bekerja dua kali.

Oleh sebab itu, agar data yang tersimpan di komputer tidak dibuat acak anda harus melakukan defrag pada harddisk.

Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi Hardisk Defrag yang tersedia dengan mudah di internet.

5. Gunakan Sistem Operasi Yang Sesuai Dengan Spesifikasi Komputer

Pastikan anda menggunakan sistem operasi yang sesuai dengan spesifikasi komputer yang anda miliki. Misalnya anda memiliki komputer dengan spesifikasi jadul, maka jangan paksakan komputer anda menggunakan sistem operasi yang terbaru. Gunakan saja sistem operasi dan juga aplikasi yang memenuhi standar dari spesifikasi komputer yang anda gunakan.

Dengan begitu masalah komputer lelet akan bisa sedikit teratasi.

Nah itulah bagaimana cara mengatasi komputer lelet dengan mudah yang bisa anda lakukan sendiri. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga : 4 Cara Mengatasi Komputer Yang Tidak Bisa Terhubung Ke Internet

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *