Soundcard : Sound Card Adalah Dan Fungsinya Pembahasan Lengkap

Soundcard adalah

Soundcard : Sound Card Adalah Dan Fungsinya Pembahasan Lengkap – Soundcard adalah salah satu perangkat penting yang harus ada di komputer atau laptop. Karena dengan adanya soundcard ini komputer bisa mengeluarkan suara dan juga merekam suara.

Sayangnya masih ada yang tidak menyadari keberadaan dari Soundcard di komputer, padahal sound card memiliki peran yang sangat penting untuk komputer.

Nah pada kesempatan kali ini ImpianGadget.com akan membahas tentang sound card adalah dan fungsinya untuk komputer atau PC.

Pengertian Soundcard AdalahSoundcard adalah

Pengertian dari Soundcard adalah salah satu hardware atau perangkat keras di komputer yang memiliki fungsi utama untuk mengolah data berbentuk audio atau suara.

Suara yang dihasilkan oleh headset atau speaker komputer ini dihasilkan dan diolah oleh perangkat soundcard ini.

Jadi jika kalian sedang memutar lagu, menonton film namun tidak ada suara yang timbul dari komputer tersebut. Kemungkinan besar terjadi kesalahan yang terdapat pada hardware Soundcard. Soundcard ini terhubung ke komputer lewat slot ISA atau slot PCI di Motherboard.

Namun saat ini, seiring dengan berkembangnya zaman dan juga kebutuhan teknologi, soundcard juga bisa terhubung ke komputer melalui slot USB.

Jenis-Jenis Soundcard Berdasarkan Metode Pemasangannya

Berdasarkan metode pemasangannya, soundcard ini dibagi menjadi tiga jenis. Kira-kira apa saja sih jenis soundcard yang ada di komputer atau laptop? Berikut adalah penjelasannya.

Soundcard Onboard

Jenis soundcard yang pertama adalah soundcard onboard, dimana untuk jenis soundcard yang satu ini biasa nya langsung terpasang di motherboard komputer.

Jadi saat kalian membeli motherboard atau mainboard, biasa nya kalian sudah tidak perlu membeli lagi soundcard karena sudah terdapat soundcard onboard pada mainboard tersebut.

Untuk jenis soundcard yang satu ini hanya cocok digunakan untuk aktivitas multimedia seperti mendengarkan lagu atau menonton film.

Soundcard OffBoard

Berikutnya ada sound card Offboard yang terpasang pada slot PCI atau ISA dari motherboard komputer.

Seiring dengan berkembangnya zaman, kebanyakan soundcard ini terpasang di slot PCI sehingga disebut juga sebagai soundcard PCI.

Untuk kualitas dari soundcard ini biasannya lebih bagus daripada soundcard onboard, sehingga bisa kita gunakan untuk aktivitas merekam suara.

Soundcard Eksternal

Terakhir ada Soundcard Eksternal yang biasanya terpasang pada slot USB di komputer. Untuk soundcard jenis ini biasanya memiliki kualitas yang jauh lebih bagus dan cocok untuk melakukan recording musik dan sebagainya.

Fungsi Soundcard

Sesuai pada postingan kali ini, dimana kita akan membahas tentang pengertian sound card adalah dan fungsinya.

Nah dibawah ini sudah saya tuliskan beberapa fungsi dari Sound Card yang terdapat pada komputer atau laptop.

  • Soundcard berguna untuk mengkonversi sinyal analog audio menjadi sinyal digital dan sebaliknya sehingga berbentuk gelombang sonic.
  • Fungsi soundcard juga digunakan untuk menjadi alat yang membantu memproses audio di Komputer.
  • Fungsi Soundcard juga berguna untuk meningkatkan kualitas input output audio di komputer.
  • Fungsi Soundcard berguna untuk menambahkan efek dan fitur lainnya seperti efek Bass Booster, Live Sound dan fungsi lainnya.
  • Soundcard berguna untuk membantu mengolah data suara rekaman atau input audio untuk diolah bersama perangkat tambahan lainnya seperti amplifier dan juga headset.

Nah itulah penjelasan mengenai soundcard adalah dan fungsinya, semoga informasi yang saya berikan kali ini bisa bermanfaat untuk anda yang masih kebingungan terkait apa sih yang dimaksud dengan soundcard dan fungsinya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *