Tips Dan Trik Lolos Daftar Prakerja Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Mendaftar

Tips Dan Trik Lolos Daftar Prakerja
sumber gambar : liputan6.com

Tips Dan Trik Lolos Daftar Prakerja Yang Harus Anda Ketahui – Di masa pandemi seperti saat ini, mendapat bantuan dari pemerintah menjadi salah satu harapan dari mayoritas masyarakat Indonesia.

Mengingat bahwa banyak sekali masyarakat yang harus kehilangan pekerjaannya telah pandemi ini dimulai.

Salah satu bantuan yang diharapkan oleh masyarakat yaitu bantuan prakerja kartu pra kerja. Biasanya diperuntukan bagi masyarakat yang masih dalam proses mencari pekerjaan atau bisa disebut dengan pengangguran agar bisa mendapatkan layanan pelatihan vokasi.

Selain itu, dengan mendaftar prakerja ini biasanya masyarakat yang masih pengangguran mendapatkan bantuan sejumlah uang agar bisa digunakan untuk memulai sebuah usaha.

Hal ini sesuai dengan salah satu tujuan dari prakerja ini yang biasanya akan diberikan pelatihan berupa pemberian kemampuan atau keterampilan baru untuk para pekerja agar mereka bisa beralih profesi menjadi seorang wirausahawan.

Tentunya untuk bisa lolos saat mendaftar prakerja ini, Anda harus tahu beberapa tips dan trik lolos daftar pra kerja agar Anda bisa mendapatkan bantuan langsung dari pemerintah.

Untuk bisa lolos dalam proses pendaftaran ini sangatlah susah. Selain karena kurangnya pengetahuan tentang cara mendaftar yang baik dan benar, jumlah pendaftar yang sangat banyak menjadi salah satu faktor mengapa banyak masyarakat yang tak kunjung mendapatkan kesempatan untuk lolos dalam proses mendaftar pra kerja ini.

Tips Dan Trik Lolos Daftar Prakerja Yang Harus Anda Ketahui

Terkadang masyarakat mencoba hingga berkali-kali, namun tidak kunjung menda

Tips Dan Trik Lolos Daftar Prakerja
sumber gambar : prakerja.go.id

patkan kesempatan untuk bisa mendapatkan pelatihan melalui prakerja ini. Jika Anda ingin lolos dalam pendaftaran prakerja ini, Anda harus mengikuti beberapa tips dan trik lolos daftar pra kerja di bawah ini dengan baik dan benar.

Pastikan Bahwa Email Dan Nomor Telepon Yang Anda Berikan Masih Aktif

Biasanya dalam proses mendaftar pra kerja ini akan diminta alamat email dan nomor telepon untuk memberikan atau mengirimkan One Time password.

Jangan lupa untuk benar-benar memastikan bahwa email dan nomor telepon yang Anda cantumkan tersebut masih bisa diakses atau tidak memiliki kendala apapun.

Sehingga saat verifikasi password tersebut diberikan atau dikirimkan, Anda bisa mengaksesnya dengan mudah. Tips dan trik lolos daftar pra kerja wajib Anda perhatikan agar tidak gagal lagi dalam mendaftra prakerja.

Penuhi Semua Syarat-Syaratnya

Jika Anda sudah berkali-kali mendaftarkan diri untuk mendapatkan bantuan berupa kartu pra kerja, namun setelah mencoba berkali-kali tapi tidak mendapatkan hasil apapun.

Maka Anda perlu intropeksi diri, apakah Anda memang sudah memenuhi seluruh syarat-syarat yang diminta. Sebab jika ada satu syarat saja yang tidak Anda penuhi, maka bisa dipastikan bahwa Anda tidak akan bisa lolos dalam proses daftar kartu pra kerja ini. Untuk itu, Anda juga harus tahu beberapa syarat-syarat yang memang harus Anda persiapkan jauh-jauh hari sebelum proses daftar dilaksanakan sebagai salah satu tips dan trik lolos daftar pra kerja.

Adapun beberapa hal yang harus dipersiapkan yaitu:

1. WNI

Pastikan bahwa Anda merupakan Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan kartu tanda penduduk atau KTP.

2. Anda tidak sedang mengikuti pendidikan formal apapun

Pendidikan formal yang dimaksud adalah baik itu SD, SMP, SMA atau bahkan perkuliahan.

3. Tidak menerima bantuan lain dari pemerintah

Jadi, jika Anda saat ini sudah terdaftar sebagai penerima bantuan pemerintah yang lainnya seperti PKH atau program keluarga harapan, maka bisa dipastikan bahwa Anda tidak akan pernah bisa mendapatkan atau lolos dalam proses daftar kartu pra kerja ini.

3. Usia 18 tahun ke atas.

Tips dan trik lolos daftar pra kerja selanjutnya yaitu setidaknya usia Anda sudah 18 tahun, jadi jika Anda masih berusia dibawah 18 tahun atau setidaknya jika usia Anda pada saat proses mendaftar tersebut masih berusia 18 tahun kurang 2 hari, maka bisa dipastikan bahwa Anda tidak akan lolos dalam proses mendaftar kartu pra kerja ini.

4. Tidak memiliki status sebagai pejabat negara, anggota sipil negara, prajurit TNI, Polri, DPRD, perangkat desa serta pengawas, direksi maupun komisaris BUMN atau BUMD.

Hal ini dikarenakan kartu pra kerja ini diberikan kepada masyarakat yang menganggur atau sedang mencari pekerjaan dan masyarakat di kalangan bawah.

Jadi tidak diperuntukkan bagi masyarakat yang sudah bekerja dan memiliki penghasilan yang tinggi.

Ikuti Tes Dengan Baik

Tips dan trik lolos daftar pra kerja selanjutnya yaitu mengikuti seluruh yang baik dan benar sebab tes atau ujian tersebut juga akan berpengaruh terhadap kelancaran dari proses pendaftaran prakerja ini.

Jika Anda ingin lolos dalam proses daftar prakerja, pastikan bahwa Anda mengikutinya dengan baik dan benar. Biasanya proses ujian untuk bisa lolos dalam prakerja ini dilakukan secara online.

Karena pada dasarnya bantuan ini diperuntukkan bagi masyarakat yang kurang mampu, maka pastikan bahwa Anda masuk dalam kategori yang diinginkan. Jangan lupa untuk memperhatikan tips dan trik lolos daftar pra kerja yang ketiga ini dilakukan dengan baik dan benar.

Pastikan Kebenaran Data Yang Diinput

Dalam melakukan pendaftaran kartu pra kerja ini, biasanya Anda akan diminta untuk memberikan sejumlah data pribadi. Yang perlu Anda ingat bahwa Anda tidak perlu terburu-buru dalam proses pengisian tersebut.

Yang pasti Anda harus mengisinya sesuai dengan data yang sebenar-benarnya. Jangan lupa untuk memastikannya terlebih dahulu sebelum menyimpan data tersebut. Hal tersebut dilakukan agar mampu mengurangi resiko kegagalan dalam proses pendaftaran karena salah dalam penginputan data.

Selain itu, lakukan double-check pada bagian nomor induk keluarga. Karena pada dasarnya, data yang berbentuk nomor-nomor tersebut yang sering salah dan menyebabkan seseorang gagal untuk lolos dalam proses pendaftaran kartu prakerja.

Nah itulah tadi beberapa tips dan trik lolos daftar pra kerja yang harus Anda lakukan agar Anda bisa langsung lolos dalam satu kali percobaan. Beberapa hal diatas terlihat sangat sederhana, namun jika cara-cara diatas tidak Anda lakukan dengan baik dan benar, maka bisa dipastikan bahwa Anda akan gagal lagi dalam proses pendaftaran kartu pra kerja sebagaimana yang terjadi pada sebagian masyarakat Indonesia.

Jika sebelumnya Anda pernah mendaftar kartu pra kerja ini selama 3 kali dan 3 dalam tiga kali proses pendaftaran itu, Anda selalu gagal, maka Anda bisa mencoba untuk mengajukan surat pernyataan.

Untuk format dari surat pernyataan bisa Anda lihat melalui www.prakerja.go.id atau situs resmi milik pra-kerja. Kemudian setelah Anda melakukan proses download telah melengkapi semua keterangan yang ada dalam surat pernyataan tersebut dengan sesuai data diri yang resmi, maka Anda harus menandatangani di atas sebuah materai Rp6.000.

Kemudian mengirimkan surat tersebut ke alamat email kepesertaan@prakerja.go.id atau surat pernyataan ini bisa anda ajukan secara langsung kepada bagian pihak pelaksana kartu grafisnya agar anda bisa dipertimbangkan untuk lolos dalam proses pendaftaran pra kerja selanjutnya, tentunya harus tetap memperhatikan Tips dan Trik Lolos daftar Prakerja di atas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *