Windows 10 Lemot? Begini Cara Membersihkan Cache agar Lebih Cepat

  • Whatsapp
windows 10 lemot, mengatasi windows 10 lemot, windows 10, lemot, cache. bersihkan cache
Windows 10 Lemot? Begini Cara Membersihkan Cache agar Lebih Cepat (Image via review.bukalapak.com)

Impiangadget.com – Apakah kamu merasa kalau komputer atau laptop Windows 10 lemot dan tiba-tiba mengalami penurunan performa? Misal, komputer mendadak menjadi sangat lelet waktu dijalankan.

Sejatinya terdapat sangat banyak faktor yang menjadi penyebab mempengaruhi kinerja suatu komputer tersebut. Salah satu di antaranya yang dapat menjadi penyebab adalah menumpuknya cache.

Read More

File cache itu sendiri adalah data sementara dari berbagai aplikasi yang disimpan di memori komputer. Setiap aplikasi mempunyai file cache masing-masing dan juga sangat membutuhkan ruang penyimpanan.

Semakin sering dipakai, cache tersebut akan terus semakin menumpuk. Kalau penumpukan terjadi terus-menerus, maka akan akan menguras kapasitas memori di komputer kamu.

Oleh karena hal tersebut, kamu dapat membersihkan cache supaya performa komputer dapat berjalan lebih cepat.

Berikut adalah beberapa cara menghapus cache di komputer dan juga laptop berbasis Windows 10 yang lemot.

Pertama, pergi ke menu Search dan langsung masukan kata kunci “Disk Cleanup”. Kemudian tekan opsi “Disk Cleanup” yang muncul dari hasil pencarian tersebut.

Pada halaman selanjutnya, pastikan pilih menu “Windows C” dan juga klik “Ok”. Sistem akan langsung secara otomatis menghitung data-data yang sudah tersimpan di komputer kamu.

Scrol ke bawah sampai muncul opsi “Temporary files”. Kemudian, pilih kolom centang pada opsi “Temporary files”. Kamu juga dapat memilih salah satu jenis file lain yang ingin dibersihkan.

Jika sudah selesai, tekan “Ok” dan langsung lanjutkan dengan klik “Delete files” untuk mulai membersihkan file cache dari komputer Windows 10 kamu.

Menghapus riwayat File Explorer

windows 10 lemot, mengatasi windows 10 lemot, windows 10, lemot, cache. bersihkan cache

Pertama-tama, akses menu “File Explorer” di dalam menu bar yang terletak di posisi bawah layar. Kemudian klik menu “View” di bagian atas layar dan pilih “Options”. Pada opsi “General”, gulir ke bawah ke tab “Privacy” dan langsung klik “Clear”.

Bersihkan cache di browser Windows 10

windows 10 lemot, mengatasi windows 10 lemot, windows 10, lemot, cache. bersihkan cache
(Image via businessinsider.com)

Salah satu aplikasi yang juga menyimpan banyak sekali cache ialah browser seperti Google Chrome, Mozilla, sampai dengan Edge.

Untuk membersihkan cache di browser Google Chrome adalah, klik menu ikon tiga titik yang terletak di sisi kanan atas layar komputer kamu. Pada halaman selanjutnya, gulir ke hingga kebawah sampai menjumpai opsi “History”. Terakhir, klik “Clear browsing data” dan juga pilih “Clear data”.

Sementara untuk pemakai browser Mozilla Firefox, pilih ikon tiga garis vertikal dan cari “Options”. Setelah itu scrol ke bawah dan cari lagu bacaan “Privacy and Security”. Untuk menghapus file chace, klik “Clear history” dan juga klik “Clear now”.

Sedangkan untuk pemakai browser Microsoft Edge, kamu dapat memilih ikon tiga titik dan juga pilih opsi “Settings”. Pada tab “Clear browsing data”, pilih “Choose what to clear” dan langsung deh klik “Clear”.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.